bali

Baliku Indah, Menawan, dan Penuh Kesan

BALI, siapa yang tidak mengenal Bali? Hampir seluruh dunia pasti tahu tentang Bali mulai dari dalam sampai luar negeri. Bali adalah salah satu ikon dari Indonesia yang menyajikan berbagai keindahan dan menjadi salah satu ciri khas dari negara itu sendiri. Ketika mendengar kata “Bali” pasti langsung tercipta sebuah bayangan yang indah tentang pantai, dan budayanya.

Namun ketika aku yang mendengar tentang kata “Bali” yang terbayang adalah ketakutan dan apabila suatu hari nanti aku diajak berkunjung kesana lagi, aku tidak mau ke salah satu tempat wisata yang ada disana. Indah memang tapi aku takut jika kejadian yang pernah terjadi disana akan terulang lagi. Kejadian apakah itu?

Nanti dibawah akan aku jelaskan dimana dan kenapa aku tidak ingin berkunjung kesana lagi. Sebelumnya aku mau menceritakan sedikit tentang tempat-tempat yang aku kunjungi dulu ketika di Bali.

Wisata Bali

Kalau sudah membicarakan tentang Bali pasti akan bingung dari mana kita akan memulai perjalanan wisata kita. Kenapa? Karena di Bali sangat banyak sekali tempat-tempat yang indah, menarik, dan juga bersejarah. Mulai dari pantainya, gunungnya, tempat ibadahnya dan tempat-tempat lainnya. Oh dan satu lagi tempat yang menarik dari Bali yaitu pusat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh yang pasti dicari para wisatawan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga mereka.

Baik, disini aku akan menceritakan sedikit pengalamanku ketika berwisata di Bali. Aku berwisata di Bali bukan hanya untuk liburan saja tapi juga untuk menyelesaikan tugas dari sekolah yaitu mewawancarai para turis-turis yang sedang berlibur disana, walaupun bahasa inggrisku masih awut-awutan tapi bisalah kalau cuma tanya-tanya sedikit hehe. Untuk bisa mewawancarai mereka itu sangat dibutuhkan usaha dan mental baja, karena mereka sering kali menolak jika akan kita diwawancarai walaupun hanya tanya tentang nama dan asal mereka.

Mereka lebih memilih menghidar dari kita sebelum kita mendekati dan mewawancarai mereka. Namun ada juga turis-turis yang mau diwawancarai tanpa harus kita memohon-mohon dan mengejar-ngejar mereka, bahkan ada beberapa dari mereka yang suka sekali diwawancarai hingga mereka mau diajak foto bersama dan mereka malah menawarkan diri mereka untuk memfotokan kita. Jadi, tidak semua turis itu menyebalkan mungkin saja mereka sangat menikmati keindahan alam Bali dan tidak mau diganggu karena juga bisa membuang-buang waktu mereka.

Dari setiap tempat wisata di Bali pasti memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Namun karakter akan kebaliannya tetap nyata, tetap asli terlihat seperti tidak ada yang ditutup-tutupi. Itu sangat menarik sekali. Beberapa tempat yang pernah aku datangi antara lain adalah

Tanah Lot

keindahan pantai tanah lot
Photo by Made Caesario on Unsplash

Tanah Lot memiliki daya tarik tersendiri oleh para wisatawan. Terdapat sebuah pura diatas bongkahan batu karang yang berada di tepi pantai yeng sedikit menjorok dan seakan terlihat berada ditengah pantai. Selain itu, disamping pura terdapat sebuah lubang seperti goa kecil dan disitu ada sebuah tulisan “Ular Suci”. Kata orang–orang didalam sana terdapat ular yang menjaga Pantai Tanah Lot namun ketika saya kesana saya tidak dapat melihat ular tersebut.

Water Blow Nusa Dua

water blow yang menakjubkan
photo by kintamani.id

Tempat ini begitu indah dengan pantainya yang menawan, luas dan bersih. Disisi lain terdapat fenomena obak yang cukup besar yang menghantam karang yang terlihat begitu indah. Kalau mau lihat ombaknya sebaiknya jangan dekat-dekat nanti basah semua hehe.

Pantai Kuta

senja di pantai kute
Photo by Hakan Nural on Unsplash

Siapa yang tidak tau dengan Pantai Kuta? pasti tau semuakan ya? Pantai ini bisa dibilang ikonnya Pulau Bali. Saya sangat merecommendasikan kepada teman-teman semua jika ingin ke Pantai Kuta lebih baik saat sore hari menjelang petang, karena ketika senja pantai tersebut akan sangat indah dengan pemandangan matahari tenggelamnya.

Joger Bali

pusat oleh-oleh joger baliphoto by jogerjelek.com

Joger adalah pusat oleh-oleh yang ada di Bali yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di toko ini kita bisa mendapatkan kaos-kaos dengan berbagai kata-kata yang aneh dan lucu yang tidak ada di toko lain. Saking ramainya sampai kesusahan saat ingin memilih kaos yang ingin kita beli karena pengunjang saling berdesakan. Jangan lupa, hati-hati dengan barang bawaan kalian teman-teman!

Danau Beratan Bedugul

danau beratan bedugul
Photo by Aprishilla Ardianti on Unsplash

Tempat ini menjadi tempat terakhir yang saya kunjungi. Udaranya begitu dingin namun kedinginan tersebut akan terbayar dengan keindahan danau tersebut dengan pura yang berada diujungnya. Untuk sampai di pura yang berada diujung danau, kita harus menggukan perahu yang disewakan disana.

Perjalan Dari Bali

Nah seperti apa yang aku bilang diatas tadi, aku akan menjelaskan sedikit tentang kenapa aku tidak mau ketempat itu lagi? Tempat itu adalah Danau Beratan Bedugul, tempat yang terakhir aku kunjungi. Tempat itu memang indah tapi sangat meninggalkan kesan kurang baik untukku. Sebenarnya bukan Bedugulnya yang menjadi alasan tetapi jalan menuju kesana dan jalan pulang dari sana. Jalannya berkelok-kelok dan berjurang.

Waktu itu ketika persiapan pulang, rasanya sangat tidak ingin meninggalkan pulau ini dan masih ingin tetap berada disini. Kami pulang setelah selesai sholat magrib dengan bus kami yang sebelumnya sudah kami abadikan dengan berfoto bersama didepannya. Saat diperjalanan perasaanku sudah mulai tidak enak tapi aku berfikir mungkin aku hanya pusing saja, ya karena jalannya juga berkelok-kelok turun dari atas gunung. Akhirnya aku memilih untuk tidur.

Dipertengahan jalan aku terbangun dan masih saja perasaannku tidak enak, seperti akan ada sesuatu yang terjadi. Ditambah lagi dengan adanya suara “ngik ngik” dari rem bus yang aku tumpangi. Karena semakin takut, aku berfikir untuk tidur kembali sambil berdzikir dan berdoa agar diberi keselamatan sampai tujuan. Ketika aku sudah tertidur tiba-tiba ada suara gemuruh dari depan. Aku melihat sebuah bayangan yang lari menuju arah bagian belakang bus dan bayangan tersebut adalah kernet bus. Tiba-tiba ada suara “braaackkkgruuugk” dan semua yang ada didalam bus berteriak serta berjatuhan dibawah kursi bus.

Bus Masuk Parit Puluhan Pelajar SMK Cidera
suaradewata.com

Ternyata busku menabrak sebuah pura dipinggir jalan dan ban belakang masuk kedalam parit sehingga bagian depan bus naik. Aku yang berada di dalam bus langsung terbangun dan langsung lari lewat jendela yang kacanya sudah dipecah oleh temanku. Tidak tau kenapa waktu itu mulutku terasa terbungkam dan tidak bisa berkata apa-apa sampai diluar bus.

Setelah aku berada diluar bus aku langsung lari menjauhi bus dan duduk termenung sendirian didepan sebuah toko sampai akhirnya ada beberapa temanku menghampiriku. Tetap saja aku masih belum bisa untuk bicara, untuk menangispun susah, jadi aku hanya bisa diam dan melamun entah apa yang sedang aku pikirkan.

Barang-barangku? semuanya ada didalam bus, yang aku bawa hanya yang menempel dibandanku, bantal leher, dan masker. Akupun tidak bisa memikirkannya dan yang tiba-tiba muncul dalam pikiranku adalah aku selamat dan ingin cepat pulang. Saat itu aku tidak peduli dengan semua barang-barangku yang kemungkinan besar bisa hilang atau hanyut di parit tersebut. Kemudian ada beberapa mobil datang untuk membantu dan membawa kami kerumah sakit terdekat. Kami sangat bersyukur karena tidak ada korban yang meninggal namun ada 2 orang yang terluka parah yaitu guru BK disekolah dan teman sekelasku.

Setelah selesai diperiksa kami dijemput bus baru untuk melanjutkan perjalan pulang. Tapi rasa takut itu tetap ada dan masih ada sampai sekarang. Dari sini aku bisa belajar tentang bersyukur karena Allah telah memberi kami keselamatan. Mungkin dari kejadian ini Allah telah memberi peringatan kepada kita agar tetap berada dijalan Allah dan agar selalu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kedapa dan juga agar kita tetap berhati-hati dalam melakukan sesuatu.

Cukup sampai disini sedikit cerita dari pengalaman saya yang sangat menyenangkan dan juga menakutkan bagi saya, semoga bermanfaat. Dan semoga dipostingan yang akan datang saya bisa membuat cerita tentang pengalaman saya yang lebih menarik dan lebih bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *