Harus Tahu! Cara Mencuci Tangan 7 Langkah yang Benar Menurut WHO

Harus Tahu! Cara Mencuci Tangan 7 Langkah yang Benar Menurut WHO

Cara Mencuci Tangan – Kenapa kita harus mencuci tangan dengan benar? Dan kapan terakhir kalian mencuci tangan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara mencuci tangan yang benar, agar kita semua bisa mencegah penyebaran kuman serta mengurangi angka penyakit terutama pada anak-anak.

Mencuci Tangan

waktu mencuci tangan
Gambar oleh offthelefteye dari Pixabay

Mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman yang ada di tangannya. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk mencegah penyebaran kuman.

Mencuci tangan tidak hanya saat mau makan saja, namun hendaknya kita menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan dan rutinitas kita seperti saat akan keluar rumah, saat bangun tidur dan kegiatan lainnya.

Kuman bisa menyebar dengan lebih cepat dari orang yang satu dengan orang yang lainnya. Hal ini biasanya terjadi dari kegiatan berjabat tangan. Jadi disini bukannya kita tidak boleh berjabat tangan, namun hendaknya ketika bersalaman usahakan tangan dalam keadaan bersih.

Mungkin dari sini muncul dalam benak kalian bagaimanakah cara mencuci tangan yang benar?

Bagaimanasih langkah-langkahnya?

Kira-kira caraku mencuci tangan salah nggak ya?

Nah daripada penasaran kita langsung saja belajar cara mencuci tangan yang benar 😀

Langkah-Langkah Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun
Gambar oleh Gentle07 dari Pixabay

Taukah kalian bahwa mencuci tangan secara menyeluruh dan benar-benar bersih itu membutuhkan waktu sekitar 40 detik sampai 1 menit?

Mungkin kalian bisa melakukannya dengan lebih cepat lagi namun ini adalah untuk diri kalian sendiri dan ini sangat bermanfaat untuk kalian agar kalian lebih mundah untuk mencegah menyebarnya kuman dari bagian satu kebagian yang lain.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan dalam mencuci tangan:

  • Siapkan lap bersih atau tisu untuk mengeringkan tangan kalian nanti setelah selesai mencuci tangan
  • Ikuti 7 langkah berikut
  1. Basahi tangan dengan air mengalir dan gosok-gosok telapak tangan dengan sabun secara bersamaan
  2. Setelah itu gosok juga punggung tangan secara bergantian
  3. Kemudian gosok sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan jari tangan kiri lalu di digosok-gosok. Ini berguna untuk membersihkan sela-sela tangan dari kotoran dan kuman
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan meremas-remas tangan
  5. Setelah itu bersihkan jempol dengan cara menggenggamnya kemudian diputar
  6. Kemudian bersihkan gosokkan bagian ujung jari ke kelapak tangan secara bergantian. Ini bertujuan untuk membersihkan kuku-kuku dari kuman yang bersarang disana
  7. Yang terakhir adalah membilas tangan dari ujung jari sampai siku. Jadi cara membasuhnyapun harus benar yaitu dengan mengalirkan air dari ujung jari ke siku agar tangan kita bersih dan tidak ada kotoran atau kuman yang tertinggal di jari kita.

    7 langkah mencuci tangan
    gambar oleh docslide
  • Setelah selesai mencuci tangan jangan lupa untuk menutup kran, tapi jangan lupa kalau tangan kita sudah bersih. Lalu bagaimana cara menutup krannya? Caranya adalah dengan menggunakan siku kita. Kenapa dengan siku? Karena tangan kita tadi sudah kita cuci dan bersih, jadi percuma dong kalau kita pakai tangan kita untuk menyentuh kran itu lagi. Setelah itu lap tangan dengan tisu atau lap yang sudah disediakan

Dengan banyak hal terjadi, mudah untuk lupa mencuci tangan. Mari coba membuatnya rutin dan menjadi kebiasan sehari-hari. Tinggalkan catatan untuk diri sendiri, gambar pada tangan anda, buat peringatan di ponsel Anda, atau tuliskan ini di daftar hingga Anda tidak lagi perlu diingatkan untuk membersihkan tangan Anda menggunakan langkah yang digariskan di atas.

Waktu Mencuci Tangan

mencuci tangan setelah memegang hewan
Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan harus dilakukan di waktu-waktu berikut ini:

  1. Sebelum, selama, dan sesudah memasak atau menyiapkan makanan
  2. Sebelum makan
  3. Sebelum dan sesudah merawat luka terbuka atau lecet
  4. Sebelum dan sesudah merawat orang sakit
  5. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak kecil sehabis dari kamar toilet
  6. Setelah menggunakan kamar mandi atau toilet
  7. Setelah memegang makanan binatang
  8. Setelah memegang binatang, memberi makan binatang, atau membersihkan kotoran binatang
  9. Setelah menyentuh sampah atau membuang sampah

Selain di waktu-waktu tersebut, kita juga harus mencuci tangan di waktu-waktu berikut:

  1. Sebelum melepas atau menggunakan lensa kontak
  2. Sesudah bersih, batuk, atau menyeka hidung ingusan
  3. Setelah berjabat tangan dengan orang lain

Kebersihan Saat Bepergian

Mencuci tangan dengan hand sanitizer
gambar oleh cnn.com

Bukan hanya saat dirumah saja, namun diluar rumahpun kita juga harus menjaga kebersihan tangan kita. Tapi pastinya kita tidak selalu membawa sabun dan air saat bepergian, bukankah begitu? Dengan begitu harusnya tidak menghambat kita untuk tetap menjaga kebersihan tangan.

Saat bepergian kita bisa membawa cairan tanpa alkohol atau hand sanitizer. Cukup dengan mengoleskan sedikit cairan/gel kita sudah bisa membersihkan tangan. Hal ini sangat penting apalagi kalau kita sedang kan dirumah makan, di warung atau dimanapun itu hendaknya kita harus mencuci tangan.

 

Jadi Bagaimana? Sudah paham dan mengerti kenapa kita harus menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan? Sudah tahu cara mencuci tangan dengan benar?

Nah kalau sudah mengerti, sudah paham, sudah tau maka untuk kedepannya kita bisa lebih rajin membersihkan tangan agar tetap sehat.

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang cuci tangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih :D.

 

Leave a Comment