Contoh Kata Pengantar Karya Tulis yang Baik dan Benar (Lengkap)

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis yang Baik dan Benar (Lengkap)

Contoh Kata Pengantar – Kalian tahu kata pengantar?

Kata pengantar biasanya digunakan untuk membuat makalah, ksripsi, laporan, proposal dan biasanya juga ada dalam surat. Kata pengantar adalah salah satu bagian yang paling penting dan tidak bisa dilewatkan dari beberapa hal diatas. Kenapa?

Karena makalah, laporaan, proposal dll itu akan terlihat kurang baik dan kurang lengkap apabila tidak ada kata pengantar didalamnya.

Kata pengantar merupakan suatu ucapan rasa syukur serta terima kasih yang diberikan penulis atas tulisan yang telah dibuatnya. Pada umumnya kata pengantar terdapat beberapa kalimat penjelasan dan pengharapan yang terkat dengan tema buku yang telah ditulis.

Didalam sebuah karya tulis yang berbentuk buku, baik novel, biografi, buku pelajaran atau makalahpun pasti memiliki kata pengantar didalamnya.

Pembuatan kata pengantar biasanya untuk mewujudkan rasa hormat seorang penulis kepada pembaca buku yang telah ditulisnya. Rangkaian kata dalam penulisan kata pengantar harus menggunakan bahasa baku dan bahasa yang efektif. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami isi buku tersebut.

Tips Menulis Kata Pengantar

menulis kata pengantar

Sebelum kita beranjak ke contoh kata pengantar yang baik, disini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar.

Berikut tipsnya:

  1. Dalam pembuatan kata pengantar, hendaknya diawali dengan menggunakan ucapan syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, misalnya puji syukur dan Alhamdulillah.
  2. Yang kedua adalah memberikan gambaran singkat tentang isi karya tulis yang kalian tulis. Berikan juga apa tuuan kamu membuat buku atau laporan itu.
  3. Juga tuliskan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, seperti kepada guru, dosen, orang tua, atau teman.
  4. Tuliskan harapan kalian dari karya tulis yang telah kalian buat.
  5. Yang terakhir, jangan lupa untuk menulis permintaan maaf apabila terdapat kesalah dan kekurangan dalam penulisan karya tulis kalian dan juga sampaikan kepada para pembaca untuk memberikan kritik serta saran untuk karya kalian.

Contoh Kata Pengantar

Disini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar yang mungkin bisa kalian jadikan referensi untuk karya tulis kalian.

Kata Pengantar Skripsi

contoh kata pengantar

Kata Pengantar

Puji syukur saya sebagai penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Upaya Peningkatan Pengembangan Bahasa Melalui Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI” dengan baik.

Penulisan skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam jenjang perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam penulisan skripsi ini penulis tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.

Dalam penulisan skripsi ini tentunya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan yang terdapat dalam laporan ini. Baik aspek kualitas maupun aspek kuantitas dari materi penelitian yang disajikan.

Penulis juga menyadari bahwa skripsi ini jauh dari kata sempurna sehingga penulis membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak guna memperbaiki laporan ini agar menjadi lebih baik kedepannya.

Selanjutnya penulis dengan tulus mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Dr. Amanda Setyana, M.Pd sebagai pembimbing
  2. Kepala Dinas Kabupaten Sumedang
  3. Kepala TK PGRI Bakti Kecamatan Sultan
  4. Berbagai pihak yang telah memberikan bantuan serta dorongan dari berbagai pengalaman pada proses penyusunan skripsi ini.

Terakhir semoga segala bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dijadikan sebagai amal soleh. Sehingga pada akhirnya skripsi ini dapat bermanfaat untuk semua orang guna untuk kemjuan pendidikan usia dini.

Sumedang, Januari 2020

Penyusun

Kata Pengantar Laporan PKL

contoh kata pengantar

KATA PENGANTAR

Dengan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah limpahan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) dan membuat sebuah laporan kegiatan PKLI ini.

Laporan PKLI penulis berjudul “Pembuatan Hanger Bearing C/W Bronze Bushing untuk Screw Conveyor Pabrik Kelapa Sawit dengan Proses Pengecoran Logam di CV. Kinabalu”.

Penulis sangat menyadari bahwa kegiatan PKLI dan penulisan laporan PKLI ini dapat diselesaikan berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat :

  1. Bapak Prof. Dr. Sumarno, M.Pd, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  2. Bapak Drs. Selamat Riadi, MT, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  3. Bapak Drs. Hidir Efendi, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  4. Bapak Ir. Riski Elpari Siregar, MT, selaku Pembimbing Praktek Kerja Lapangan Industri.
  5. Bapak Arifin, selaku Direktur CV. Kinabalu.
  6. Seluruh Staff dan Karyawan CV. Kinabalu.
  7. Ter istimewa kepada Ayah, Ibu, dan Keluarga yang memberikan dukungan materil dan moril.

Makasar, Januari 2020

 

Penyusun

Kata Pengantar Karya Ilmiah

contoh kata pengantar

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyusun karya tulis ini yang berjudul “Upaya Pencegahan Dampak Global Warming” dengan baik.

Adapun maksud dan tujuan kami menyusun karya tulis ini untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu. Dra. Lusi Hidayati selaku pembimbing materi dalam pembuatan karya tulisini, serta kepada semua pihak yang telah mendukung dalam menyusun karya tulis ini.

Kami menyadari masih terdapat banyak kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran kepada berbagai pihak untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan kinerja untuk kedepannya.

Medah, Januari 2020

 

Penyusun

Kata Pengantar Laporan Magang

contoh kata pengantar

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang dengan judul “Program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat Bidang Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah”.

Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan magang ini. Terlebih kami ucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Putut Heriyanto, SKM, M.Kes selaku ketua Yayasan STIKES HAKLI Semarang.
  2. Bapak dr. HR. Wahyu Rahadi, M.Ph selaku ketua STIKES HAKLI Semarang.
  3. Ibu dr. M. Rr. Sri Puji Rahayu selaku Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES HAKLI Semarang.
  4. Pak Arfian Nevi, SKM, DEA. Sebagai Staf Petugas Kesehatan Masyarakat (UKM) dari Dinas Kesehatan Provinsi Tengah.
  5. Ibu dr. Tatik Murhayati, MKes Selaku Kepala Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  6. Ibu Binar Rudatin, SKM, Msi, Selaku Staff Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  7. Seluruh Staff STIKES HAKLI Semarang
  8. Segenap staff karyawan Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  9. Segenap staff karyawan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
  10. Teman – teman Mahasiswa STIKES HAKLI Semarang Jurusan Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2009.
  11. Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan Proposal ini.

Semoga amal baik mereka mendapatkan balasan dari Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda.

Perlu disadari bahwa dengan segala keterbatasan, laporan magang ini masih jauh dari sempurna, sehingga masukkan dan kritikkan yang kostruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.

Akhirnya semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk semua orang khususnya untuk para pembaca.

Semarang, Januari 2020

Penyusun

Nah, bagaimana?

Sudah paham?

Kira-kira seperti itulah kata pengantar yang dibuat untuk melengkapi laporan karya tulis kalian.

Semoga beberapa contoh kata pengantar diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dari saya, terima kasih.

Assalamualaikum wr wb.

Leave a Comment