7+ Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi Lengkap (Harus Tahu)

7+ Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi Lengkap (Harus Tahu)

Memo – Memo adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah pekerjaan. Meskipun orang sering mendengar istilah memo, tapi ternyata tidak sedikit orang yang belum paham tentang apa itu memo.

Pengertian memo adalah sebuah surat yang isinya sangat singkat, padat dan juga jelas. Memo ini dibuat khusus untuk ditunjukkan kepada satu pihak dengan maksud tertentu.

Isi dari memo biasanya tidak bertele-tele dan langsung mengarah pada isi dan tujuan dibuatnya memo ini. Didalam pembuatan memo, penulis tidak perlu membuat dan menyertakan paragraf pembuka maupun paragraf penutup.

Kali ini kita akan membahas tentang memo untuk pribadi, sekolah dan perusahaan.

Jenis-Jenis Memo

contoh memo

Setelah kita mengetahui tentang pengertian memo dengan jelas, maka selanjutnya kitaakan membahas mengenai jenis-jenis memo.

Memo sendiri ada dua jenis, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi.

Untuk mengetahui perbedaannya, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Memo Resmi

Seperti namanya, memo resmi adalah memo yang digunakan untuk menuliskan sebuah pesan atau pemberitahuan yang bersifat resmi. Sehingga memo resmi biasa digunakan oleh instansi, lembaga, organisasi maupun perusahaan.

Memo resmi itu hanya bisa ditujukan untuk orang-orang yang terkait dengan organisasi atau lembaga tertentu. Memo resmi juga digunakan untuk sarana surat-menyurat antar lembaga dengan lembaga lain.

Biasanya memo resmi ini sering digunakan oleh seseorang yang punya pangkat tinggi dan memo yang dibuat akan diserahkan untuk orang yang pangkatnya ada dibawahnya.

Karena ini adalah memo resmi, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku yang baik, sopa, dan jelas pastinya.

Memo Tidak Resmi

Memo ini tidaklah sama dengan memo resmi :V. Jenis surat ini adalah memo yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya memo tidak resmi dibuat dan ditujukan untuk keluarga, saudara dan juga teman.

Memo tidak resmi sama sekali tidak menyangkut sebuah organisasi maupun lembaga. Memo tidak resmi biasa ditulis dengan bahasa sehari-hari namun tetap dengan bahasa yang baik dan sopan.

Contoh Memo Pribadi

contoh memo

Yang pertama yang akan kita bahas adalah tentang memo untuk diri sendiri atau pribadi.

Contoh I

Dari: Ratna

Kepada: Riri

 

Ri apabila besok kamu jadi kerumahku besok, tolong jangan lupa bawakan pesananku. Sebenarnya kemarin aku mau beli makan di dekat rumahmu tapi tokonya tutup, jadi aku terpaksa harus pulang dengan tangan kosong.

Uanganya nanti aku ganti setelah kamu sampai dan aku juga punya hadiah untuk kamu. Tolong ya Ri, aku sudah sangat ingin sekali makanan itu.

 

Jakarta, 20 Januari 2019

Sahabatmu

Ratna

Contoh II

Dari: Tania

Kepada: Lutfi

 

Maaf Lut kemarin aku tidak membalas pesanmu, karena kemarin aku sedang ada masalah yang membuatku ingin menyendiri dulu. Sekarang masalahnya sudah selesai dan kondisiku alhamdulillah sudah membaik.

Aku ingin meminta maaf padamu atas semua sifat dan sikapku yang tidak mengenakanmu. Aku juga minta maaf karena aku tidak bisa bertemu langsung denganmu. Kumohon jangan marah denganku dan kita bisa terus berteman.

 

Surabaya, 19 Januari 2019

Temanmu

Tania

Contoh III

Dari: Roni

Kepada: Mbak Nada

 

Mbak Nada saya ingin meminta tolong, tolong jagakan rumah saya untuk beberapa hari kedepan. Saya bersama istri saya mau pergi keluar kota kerumah mertua saya. Saya sudah menyiapkan bahan makanan dan uang untuk kebutuhan anak-anak kami ketika kami pergi nanti.

Kami minta tolong juga untuk mbak Nada memberikan makan kucing kami dan juga menyiram bunga setiap sore. Kami akan kembali hari Ahad. Terima kasih mbak.

 

Jakarta, 19 Juli 2016

Roni

Nada Sanjaya

 

Contoh Memo Sekolah

contoh memo

Contoh I

SMA KARYA BAKTI SUMEDANG

Jl. Karanganyar No. 38 Perum Indah Permai Sumedang

Telp. (081) 33399865 Email : [email protected]

MEMO

Dari: Kepala Sekolah

Kepada: Wakil Kepala Sekolah

 

Saya ingin berdiskusi dengan Anda perihal acara pelaksanaan Seminar Latihan Kerja yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2016. Tolong untuk menyiapkan data-data perihal kesiapan acara dan materi yang akan Anda berikan. InsyaAllah diskusi ini akan diselenggarakan besok pagi setelah upacara bendera di ruangan saya. Sekian dan terima kasih.

Sumedang, 23 Desember 2019

Kepala Sekolah

Imam Djunaidi

Contoh II

SMKN 03 MALANG

Jl. Anggrek No. 34, kepanjen, Malang

Telp. (081) 34375387 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari: Dewan Guru

Kepada: Kepala Tata Usaha

Hari ini seluruh dewan guru dan karyawan tata usaha akan mengadakan rapat bersama kepala sekolah. Maka dari itu, tolong disiapkan data-data yang berhubungan dengan hal-hal yang digunakan untuk bahan evaluasi bulan ini.

Hari ini para siswa akan dipulangkan lebih awal pada pukul 10.00. Oleh sebab itu, mohon untuk memberitahukan hal ini kepada seluruh ketua kelas.

 

Malang, 25 Desember 2016

Dewan Guru

Siti Khuzaina Ula

Contoh III

MAN 02 BATU

Jl. Ir. Soekarno No 43, Batu Malang

MEMO

Dari: Kepala MAN 02 Batu

Kepada: Dewan Guru

 

Tolong segera siapkan surat keterangan hasil belajar siswa untuk bahan materi rapat kenaikan kelas. Rapat ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember  2016 pukul 09.00 WIB.

 

Batu, 25 Desember 2016

 Kepala Sekolah

Muhammad Luqmanul Hakim

 

Contoh Memo Perusahaan

contoh memo

Contoh I

PT. PERTAMA ABADI

Jl.  Tengku Imam Bonjol No. 66, Karangkates, Yogyakarta

Telp. (031) 123893294 Email : [email protected]

MEMO

 

Dari: Manager

Kepada: Ketua Bagian Produksi

Tolong siapkan data-data tentang jumlah produk yang sudah selesai diproduksi selama 1 bulan ini. Siapkan juga daftar produk yang sudah diproduksi mulai tahun 2015. Saya minta tolong untuk membuat resep produk baru untuk bulan ini. Hal tersebut akan kita jadikan bahan pertimbangan pada rapat bulanan dalam waktu dekat ini. Sekian dan terimakasih.

 

Yogyakarta, 25 Desember 2017

 

Manager

Reza Firmansyah

Contoh II

PT. JAYA MAKMUR

Jl. Garuda No. 45 Tanjung Kodok Lamongan

Telp. (031)538573749

MEMO

 

 

Dari: Manager

Kepada: Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru

Saya harapkan kepada seluruh tim pengrekrutan karyawan untuk bulan ini agar bergerak lebih cepat, karena pada beberapa bulan ini perusahaan sedang banyak karyawan yang keluar karena kontrak sudah habis. Agar perusahaan ini tetap bisa berkembang dengan baik. Target karyawan yang harus terpenuhi bulan ini yaitu 100 orang karyawan.

 

Lamongan, 25 Desember 2016

Manager

Bambang Hermansyah

Contoh III

PT. SETIA JAYA

Jl. Panglima Sudirman, Graha Indah A No. 28 Madura

MEMO

 

Dari: Direktur Utama

Kepada: Manajer Keuangan

Tolong siapkan laporan keuangan untuk bulan ini yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi bersama dengan dewan direksi. Evaluasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2016, pukul 09.00 WIB, di ruang meeting utama.

 

Madura, 25 Desember 2018

Direktur Utama

Safira Izza, ST

 

Itulah teman-teman pembahasan kita kali ini tentang memo, mulai jenis sampai contoh-contohnya. Gimana teman-teman? Sudah paham?

Ini InsyaAllah bisa kalian jadikan referensi untuk membuat memo baik memo resmi maupun memo tidak resmi.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Assalamualaikum wr wb.

Leave a Comment