Doa-Doa Ulang Tahun yang Bisa Dibaca dan Ada Dalam Al Quran

Doa-Doa Ulang Tahun yang Bisa Dibaca dan Ada Dalam Al Quran

Doa Ulang Tahun – Ulang tahun adalah suatu waktu yang biasa dan sering ditunggu oleh setiap orang. Kenapa?

Karena ulang tahun adalah suatu waktu dimana kita bisa memperingati hari kelahiran kita. Hanya saja, seiring dengan bertambahnya waktu dan bertambah dewasanya kita, maka kita akan menyadari bahwa dengan bertambahnya usia berarti kita juga memiliki tanggung jawab yang lebih dan semakin besar.

Nah, untuk kalian yang sudah berkeluarga, kalian bisa mengajarkan beberapa hal Islami yang berkaitan dengan ulang tahun kepada anak Anda. Pastinya dengan hal yang terbaik yang bisa kalian berikan kepada anak kalian.

Hadiah yang kalian berikan juga tidak harus berupa sesuatu yang sangat mahal. Kalian bisa memberikan surprise ucapan selamat ulang tahun sambil membawa kue buatan kalian sendiri. Kalian juga bisa mencobanya untuk memimpin doa ulang tahun dan mendidik anak kalian sejak dini.

Doa Ulang Tahun untuk Panjang Umur

doa ulang tahun

Tidak bisa dipungkiri bahwa takdir kematian sudah diatur oleh Allah SWT yang telah menciptakan manusia. Tugas manusia adalah menjaga kesehatan, agar bisa lebih banyak melakukann ibadah.

Selain itu, setiap hari manusia juga selalu bertambah umurnya. Bahkan setiap detiknya yang sudah berlalu tidak akan bisa terulang lagi.

Bisa dibilang, umur yang kita miliki akan selalu berkurang. Namun manusia dewasa yang dapat memahami hal ini bisa mengajarkan dengan bahasa yang cocok untuk anak-anak mengenai doa permohonan agar diberi umur yang panjang.

Doa tersebut bisa diucapkan dalam bahasa Arab sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kamu, tetapkan iman kmai, baikkan amalam kami, luaskan rejeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Ulang Tahun Untuk Menjadi Anak Sholeh Solehah

doa selamat ulang tahun

Bagi kalian yang baru memiliki keluarga baru dan tidak lama kemudian akan ulang tahun, maka kalian sebagai calon orang tua bisa berdoa agar diberikan anak yang sholeh maupun sholehah.

Doa seperti ini sangat dianjurkan pada saat Anda berulang tahun. Selain itu, juga Anda bisa mengulangi doa yang sama setiap kali sesudah sholat.

Doa ini hendaknya diucapkan dengan penuh kesungguhan agar dapat terwujud pada suatu hari nanti saat kalian sudah mulai melahirkan dan membesarkan anak kalian.

Doa tersebut diucapkan dalam bahasa Arab dan artinya dapat disimak sebagai berikut.

Artinya:
“Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).”

Doa Ulang Tahun Untuk Kemuliaan Keluarga

doa selamat ulang tahun

Selain memanjatkan doa agar diberi umur panjang dan anak yang soleh solehah, kalian juga bisa menerapkan kepada diri kalian saat berulang tahun dengan membaca doa permohonan atas kemuliaan keluarga.

Berikut doa dan artinya yang bisa kalian baca!

Artinya:
“Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kmai sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Doa Ulang Tahun Untuk Keselamatan dan Kesejahteraan

doa ulang tahun

Doa lainnya yang dapat dipanjatkan pada saat berulang tahun yaitu adalah doa permohonan untuk keselamatan  serta memohon kesejahteraan.

Keselamatan yang dimaksud adalah keselamatan dunia dan akhirat. Sedangkan, kesejahteraan yang dimaksud dapat berupa kesehatan tubuh, tambahan ilmu, tambahan rejeki, serta agar diberikan kesempatan untuk bertaubat pada saat sebelum meninggal.

Dalam Islam, umat manusia diharapakan untuk selalu memanjatkan doa pada setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk pada saat berulang tahun.

Doa tersebut diucapkan dalam bahasa Arab dan dapat dilihat sebagai berikut beserta dengan artinya.

Artinya:
“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

Doa Ulang Tahun Untuk Diberi Rizki yang Halal

doa selamat ulang tahun

Setiap orang pasti akan mendapatkan rejeki sesuai dengan bagiannya masing-masing. Namun memang dalam prosesnya, setiap orang harus berusaha dengan keras dan bekerja dengan cerdas.

Selain usaha, umat Islam juga sebaiknya terus berdoa untuk bisa mendapatkan rejeki yang halal.

Doa ini juga dapat dipanjatkan pada saat berulang tahun yang mana dapat dilihat sebagai berikut.

 

Nah, itulah teman-teman beberapa doa yang bisa kalian panjatkan ketika kalian sedang ulang tahun. Selain itu kalian juga bisa mendoakan orang tua kalian, anak, saudara atau kerabat dan teman-teman kalian.

Oke, sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Assalamualaikum …

Leave a Comment