Kucing Anggora

15+ Gambar Kucing Anggora, Jenis, dan Cara Perawatannya

Kucing Anggora – Kucing adalah hewan peliharaan yang banyak dipelihara di Indonesia. Hewan karnivora yangg satu ini biasa dianggap sebagai salah satu hewan yang harus diperlakukan dengan baik oleh banyak penduduk di wilayah Indonesia.

Selain memiliki rupa yang lucu, kucing ini ternyata bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang setia dan juga bisa dilatih.

Dari sekian banyak jenis kucing yang ada  di dunia, kucing anggora merupakan salah satu yang paling disukai. Pasalnya kucing satu ini memang terlihat eksotis dan cantik.

Tak jarang kucing anggora sering memperlihatkan taraf ekonomi dari orang yang memeliharanya. Namun, secara umum kucing anggora memang memiliki karakter yang lembut dan manja sehingga sangat cocok untuk dijadikan peliharaan rumahan.

Bagi kalian yang memiliki rencana untuk memelihara kucing anggora pastinya akan lebih baik jika kalian memahami terlebih dahulu hal-hal penting yang berkaitan dengan hewan lucu satu ini.

Memelihara kucing anggora tentu berbeda dengan memelihara kucing lain pada umumnya. Terlebih lagi harga kucing satu ini terbilang fantastis, jadi jangan sampai kalian melakukan kesalahan dalam memeliharanya.

Asal-Usul Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Hal utama yang harus kalian ketahui tentang kucing Anggora adalah asal usul atau sejarahnya. Tidak banyak yang tahu bahwa kucing yang satu ini bukanlah produk lokal.

Secara sejarah, kucing Anggora adalah kucing yang berasal dari Turki yang terletak disebuah kota yang bernama Ankara. Jadi jangan heran apabila kalian dikemudian hari ada orang yang menyebutnya dengan sebutan kucing Ankara.

Pemberian nama Ankara ini diberikan sejak tahun 1930. Namu ada juga beberapa orang yang lebih suka menyebut kucing ini dengan sebutan kucing Turki atau kucing Anggora Turki (Turkish Anggora).

Sudah bisa dipastikan juga kalau ras kucing Anggora yang masih “original” berbeda dengan kucing anggora yang biasa kita temui di Indonesia. Kucing Anggora sendiri memiliki kornea mata berwarna biru dengan warna bulu putih polos.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Perbandingan yang ada dengan jenis kucing lain, kucing Anggora ini mempunyai ciri-ciri yang khas sehingga kita bisa dengan mudah untuk membedakannya. Jika kita memperhatikannya secara sekilas saja, akan ada banyak persamaan dari kucing anggora dengan kucing persia.

Tapi bagi mereka yang memiliki kedua-duanya, perbedaan ini akan sangat terlihat karena ciri khas kucing anggora adalah bulunya. Untuk lebih lengkapnya, ciri-ciri kucing Anggora bisa kita pelajari dalam pembahasan di bawah ini.

Bentuk Kepala

Kucing anggora memiliki kepala yang proporsional apabila dibandingkan dengan ukuran badan kucing tersebut. Ukurannya kepalanya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Apabila dilihat secara seksama, bisa kalian temukan bahwa bentuk dari kepala kucing anggora yang asli lebih cenderung sangat tirus seperti segitiga yang dibalik. Dagu mereka sedikit mengerucut dan pipi yang lebar.

Hidung

Kucing anggora memiliki hidung berukuran kecil. Bisa dibilang pesek dan ini sangat berbeda dengan jucing persia yang memiliki hidung cukup mancung.

Apabila anda menemukan kucing anggora dengan hidung yang mancung, maka bisa jadi itu adalah kucing anggora yang berasal dari perkawinan silang.

Mata

Perbedaan yang mencolok dari segi mata hanyalah dari bentuknya saja. Kucing anggora asli lebih cenderung mempunyai bola mata yang bulat sempurna dengan kelopak mata yang lebar.

Dari segi warnapun ada banyak sekali warna bola mata yang dimiliki kucing satu ini. Tapi biasanya yang paling dicari adalah kucing anggora yang matanya berwarna biru langit, seperti orang yang berasal dari ras kaukasiod.

Ekor

Dari Segi ekornya, kucing anggora ini memiliki ekor yang lebih panjang dengan porsi 75% dari panjang badannya. Ekor mereka dipenuhi bulu yang begitu lebat dan berkupul pada ujung ekor. Jika anda memperhatikannya, mungkin akan terlihat sangat mirip dengan kemoceng.

Kaki

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, kucing angora ini memiliki kaki yang jauh lebih panjang. Jika mereka berjalan, mereka akan terlihat jauh lebih tinggi dibanding kucing lainnya.

Bentuk Badan

Jika dibandingkan dengan kucing persia, ucing angora ini cenderung memiliki berat yang jauh lebih ringan. Tapi jika dibandingkan dengan kucing biasa, mereka memiliki bobot yang lebih besar tentunya.

Biasanya berat kucing angora jantan akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan berat kucing angora betina. Dari bentuknya, kucing angora ini berperawakan sedang. Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu kecil.

Bulu

Secara keseluruhan bulu kucing angora ini sangatlah unik. Pertumbuhanbulu di sekujur tubuh mereka akan disesuaikan dengan suhu udara tempat mereka tinggal.

Di tempat dengan suhu yang lembab, kucing angora ini cenderung memiliki bulu yang pendek saja. Sebaliknya di tempat yang dingin bulu mereka akan tumbuh lebih lebat.

Jenis Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Seiring berjalannya waktu, ada banyak sekali jenis kucing anngora yang bisa kita temui saat ini. Namun beberapa diantaranya bukanlah jenis kucing anggora yang murni, melainkan juga dari bentuk persilangan jenis kucing yang lainnya.

Secara keseluruhan mereka (kucing anggora persilangan) akan sangat identik dengan kucing anggora asli karena sifat genetik dari kucing anggora sangatlah kuat.

Berikut adalah daftar jenis kucing anggora yang bisa kita temukan saat ini.

Kucing Anggora Anakan

Jenis kucing anggora anakan merupakan golongan kucing anggora berusia 0 hingga 6 bulan yang sudah tidak terlalu sulit apabila akan dipelihara. Ini adalah opsi kucing anggora yang sangat direkomendasikan untuk kita yang masih pemula.

Kucing Anggora Dewasa

Opsi selanjutnya adalah kucing anggora dewasa. Opsi Ini merupakan jenis kucing anggora yang sudah bisa dan siap untuk dikonteskan. Kucing anggora dewasa biasanya berusia minimal 1 tahun.

Kucing anggora pada usia ini cenderung lebih kuat secara fisik. Namun kita tetap harus memastikan dan menjaganya dengan ketat, karena mereka sangat memiliki kecenderungan untuk kabur dari rumah.

Kucing Anggora Kitten

Jenis kucing anggora yang seringkali diperjual belikan adalah anggora kitten. Kucing anggora kitten merupakan anakan murni atau anakan asli dari kucing anggora. Banyak orang menginginkan jenis kucing anggora yang satu ini karena biasanya mereka lebih mudah dilatih.

Kucing Anggora Kitten Ras Campuran

Tidak kalah menarik untuk dipelihara, opsi selanjutnya yang bisa anda pilih adalah kucing angora kitten ras campuran. Mereka ini bukan kucing angora murni melainkan kucing angora yang sudah mengalami kawin silang dengan jenis kucing lain yang bukan jenis angora.

Kucing Anggora Dewasa Ras Campuran

Kucing anggora dewasa ras campuran merupakan ras kucing anggora yang paling banyak diperjualbelikan saat ini. Anggora dewasa yang berasal dari ras campuran seperti ini biasanya memiliki harga yang cenderung miring.

Namun cara merawatnya juga lebih mudah. Mereka cenderung tidak pilih-pilih makanan dan meraka memiliki karakteristik yang lebih liar.

Kucing Anggora Anakan Ras Campuran

Selanjutnya adalah kucing anggora anakan yang juga berasal dari ras campuran. Mereka biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah. Biasanya kucing anggora anakan jenis ras campuran memiliki karakter yang lebih aktif dibandingkan dengan kucing angora ras murni.

Kucing Anggora Turki Mata Ganjil

Kucing anggora jenis ini sangatlah mahal dan dilindungi oleh hukum. Pasalnya kucing yang satu ini sudah mendekati angka kepunahan dan sangat sulit untuk ditemukan lagi.

Menurut beberapa pakar, kucing yang satu ini masih sering terlihat di pedalaman Turki dan juga masih sangat lekat dengan kultur dan budaya masyarakat Turki. Disebut anggora mata ganjil karena kornea mata mereka memiliki perbedaan warna antara yang satu dengan yang lainnya.

Cara Merawat Kucing Anggora Dewasa

gambar kucing anggora

Proses perawatan kucing anggora dewasa tidaklah terlalu sulit. Hanya saja jika kita belum paham caranya, dikhawatirkan akan terjadi kesalahan sehingga kucing menjadi stress dan membuat bulunya menjadi rontok. Kenapa mengkhawatirkan? Karena sisi keindahan kucing anggora itu sendiri terletak pada bulunya yang lebat.

Pilih Makan yang Tepat

Untuk merawat kucing angora dewasa, pastikan anda melakukan peraawatan secara teratur dan tidak malas. Tetap jaga kebersihannya agar kucing tetap sehat dan sedap dipandang dan tetap aktif saat diajak bermain. Akan tetapi secara umum anda harus memastikan kalau anda memberikan makanan yang tepat bagi mereka.

Makanan ini faktor yang sangat penting terhadap kucing angora. Jangan sampai anda memilih makanan yang salah atau tidak disukai oleh kucing anda karena hal ini akan berdampak sangat buruk terhadap kesehatan dan penampilan kucing anda.

Jangan karena banyaknya merk makanan kucing di pet shop anda malah asal dalam memilih. Hal ini sangat tidak direkomendasikan.

Jangan Beri Air Minum Mentah

Tips selanjutnya untuk anda yang memelihara kucing angora dewasa adalah janagn pernah memberikan mereka air minum air mentah. Pastikan mereka diberikan air minum yang matang saja. Selain lebih higienis, ha ini akan membantu pencernaan kucing anda menjadi jauh lebih baik.

Pasalnya jika anda menggunakan air mentah, ada banyak bakteri yang mungkin masuk ke dalam sistem pencernaan kucing dan ini akan membuat mereka menjadi stress da mengalami kerontokan bulu.

Jangan lupa untuk memisahkan tempat makan dan minum kucing anda dari kucing liar. Kucing liar biasanya mengandung parasit pinjal yang bisa membuat bulu kucing rentan mengalami kerontokan.

Jaga Kebersihan Kucing

Hal selanjutnya yang harus and aperhatikan adalah kebersihan dari kucing anda. Pastikan anda senantiasa menjaga kebersihan kandang dan badan mereka. Bila perlu mandikan kucing anda secara rutin untuk memastikan kalau kucing anda terhindar dari kotoran yang akan membuat taraf kesehatan mereka menurun dengan tajam.

Mengenai frekuensi mandinya ini, para ahli berpendapat kalau kalau kucing angora harus dimandikan minimal 1 kali dalam satu bulan.

Anda bisa menggunakan Shampo khusus yang bisa anda beli di petshop terdekat. Ini akan membuat kucing anda terbebas dari ektoparasit yang seringkali menyerang kucing. Sambil dimandikan, potong juga kuku kucing anda secara rutin untuk membuang bakteri berbahaya di dalamnya.

Berikan Vaksin Secara Rutin

Bila diperlukan, anda juga bisa memberikan bvaksin kucing secara rutin terhadap kucing angora yang anda miliki. Hal ini akan menghindarkan mereka dari segala penyakit dan membuat badan mereka jauh lebih kuat.

Pemberian vaksin secara rutin terhadap kucing akan membuat kucing memiliki antibodi yang tangguh terhadap segala virus yang mungkin menginfeksi tubuh mereka.

Mengenai pemilihan vaksin ini anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan agar mereka bisa memilih vaksin yang terbaik untuk kebutuhan kucing anda.

Biasanya vaksin yang pertama akan diberikan pada saat kucing angora anda berada pada usia 8 hingga 10 minggu.

Sedangkan mengenai vaksin kedua dan ketiganya dilakukan pada usia 12 hingga 14 minggu. Untuk vaksin yang terakhir, anda bisa memberikannya pada usia 16 minggu. Setelahnya anda bisa memberikan vaksin rutin dalam jangkan waktu satu tahun sekali.

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Sebenarnya cara merawat kucing angora yang sudah dewasa dan masih anak anak isi sama saja secara umum. Hanya saja ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan terlebih dahulu saat anda melakukannya karena kerentanan kucing yang masih kecil ini tentu berbeda dengan kucing yang sudah dewasa.

Mereka juga membutuhkan kadar nutrisi yang lebih baik karena masih benar benar bergantung terhadap apa yang anda berikan.

Pertama anda harus hati hati dalam melakukan setiap perawatan kepada mereka. Pastikan anda melakukannya secara hati hati karena tulang mereka masih sangat lemah.

Terlebih lagi mereka juga memiliki imunitas yang masih sangat rendah. Perlakukan dengan lembut saat anda hendak memindahkan atau menempatkannya pada tempat yang berbeda.

Kucing kitten biasanya menyusu hingga usia 7 bulan pada induknya dan pada usia ini anda harus sudah mulai menyapihnya.

Tidak perlu makanan yang rumit, pastikan anda memberi mereka makanan yang memiliki nutrisi tinggi agar daya tahan mereka semakin meningkat.

Adapun makanan yang bisa anda pilih adalah makanan yang banyak mengandung protein, nutrisi, lemak, vitamin, karbohidrat dan jenis mineral lain secara seimbang.

Poin lainnya, pastikan juga anda menjaga kebersihan kandang dan banda si kucing. Anda bisa secara rutin membersihkan kandangnya dan memotong kuku kucing tersebut agar kotoran tidak mengendap di dalamnya.

Jika sudah berusia 8 bulan, pemberian vaksin pertama akan sangat membantu mereka untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang prima.

Cara Merawat Kandang Kucing Anggora

kandang kucing

Untuk merawat kandang kucing angora, caranya tidak terlalu ribet. Hanya saja anda harus rutin melakukannya. Pertama tentunya anda harus memastikan kandang tersebut bersih.

Anda bisa melakukannya secara rutin setiap hari dengan menyemprot semua bagian kandang dengan air. Bila diperlukan anda bisa menambahkan cairan desinfektan pada semua bidang di kandang tersebut dan menyikatnya hingga bersih.

Jangan lupa untuk mengeringkan kandang jika sudah dicuci. Jangan biarkan kandang lembab ataupun masih mengandung kotoran kucing karena akan mengurangi modd makan kucing anda.

Jika memungkinkan, anda bisa juga mengganti pasir di kandang kucing tersebut stiap hari. Hal ini akan membantu kucing anda untuk terhindar dari virus toxoplasma yang sangat berbahaya untuk kesehatan kucing.

Jenis Pakan untuk Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Kucing Anggora merupakan hewan mamalia karnivora, tentunya bisa dipastikan kalau makanan terbaik bagi kucing angora adalah ASI dan daging. Perlu anda tahu, makanan kucing ini harus disesuaikan dengan usia mereka.

Untuk kucing yang berusia 0-4 minggu dengan toleransi 2 – 3 minggu, makanan terbaik bagi mereka tentu adalah ASI yang mereka dapatkan dari induknya.

Hal ini dikarenakan kebutuhan kalori mereka juga sangat berbeda. Di usia 4 minggu ucing mulai boleh diberikan asupan makanan. Tapi pastikan and amemilih makanan yang lebek dan tidak kering.

Hal ini dikarenakan organ pencernaan kucing masih belum sempurna. Lain halnya jika yang dipelihara adalah kucing yang sudah dewasa.

Kucing dikategorikan dewasa jika telah menginjak usia satu tahun. Jika anda memiliki kucing dengan usia seperti ini, anda bebas memberikannya makanan kering ataupun lembek dan basah.

Biasanya kebutuhan kalori kucing dewasa adalah 4% dari total berat badannya. Anda bisa membuat pakannya sendiri atau membeli makanan siap saji di pet shop.

Gambar Kucing Anggora

Berikut adalah beberapa gambar kucing anggora yang lucu:

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

 

 

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

 

Nah, Gimana?

Sudah paham dengan kucing Anggora?

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk temen-temen semua.

Sekian dan Terima Kasih 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *