sumber daya alam

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam beserta Contohnya

Sumber Daya Alam – Kali ini kita akan membahas tentang sumber daya alam, mulai dari jenis-jenisnya hingga contohnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini kebutuhan manusia semakin banyak dan mengalami peningkatan yang tinggi sehingga menuntut kita untuk menggunakan atau memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan sebaik mungkin.

Dalam penggunaan sumber daya alam kita harus memperhatikannya dengan baik seperti hewan, tumbuhan, minyak, gas, gas dan lain sebagainya karena sumber daya alam sendiri dapat habis.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau yang sering disebut dengan SDA adalah segala sesuatu yang berasal dari alam serta dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam adalah sumber daya dari lingkungan yang dapat menghasilkan makanan, minuman dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Sumber daya alam digolongkan menjadi 2 golongan yaitu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup dan berasal dari makhluk tak hidup atau benda mati.

Sumber Daya Alam Biotik

Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, baik itu berupa mikroorganisme atau hewan maupun manusia dan tumbuhan.

  1. Manusia, adalah makhluk atau sumber daya alam yang bermanfaat bagi makhluh hidup yang lainnya. Dengan adanya manusia tumbuhan dan hewan akan mendapatkan perawatan yang baik. Hewan akan mendapatkan makanan dan minuman dari manusia yang memeliharanya dan tumnuhan akan mendapatkan air untuk fotosintesis yang manusia yang menanam atau merawatnya.

    manusia termasuk sumber daya alam biotik
    Gambar oleh vikvarga dari Pixabay
  2. Hewan, adalah makhluk hidup yang dapat bermanfaat untuk makhluk hidup lain. Untuk manusia biasanya hewan dimanfaat untuk membajak sawah atau juga bisa dimanfaatkan dagingnya. Untuk tumbuhan, kotoran hewan sangat berguna untuk menjadi pupuk.

    sapi sebagai sumber daya alam biotik dimanfaatkan untuk membajak sawah
    Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay
  3. Tumbuhan, tidak hanya manusia dan hewan saja yang merupakan sumber daya alam biotik tapi tumbuhan juga termasuk dalam golongannya. Tumbuhan sendiri sangat bermanfaat untuk manusia dan hewan. Umutk manusia tumbuhan penghasil buah dan sayur akan ditanam untuk dimanfaatkan buah dan sayurnya yang biasa digunakan untuk bahan makanan. Untuk tumbuhan hias akan digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau di taman. Untuk hewan, tumbuhan akan dijadikan bahan makanan hewan tersebut.

    hasil hutan adalah termasuk sumber daya alam
    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Sumber Daya Alam Abiotik

Sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari lingkungan yang termasuk dalam makhluk tak hidup atau benda mati.

  1. Bahan tambang, adalah sesuatu yang berasal dari dalam perut bumi dan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga manusia dituntut untuk menggunakannya dengan baik dan tidak boros agar tidak cepat habis. Contoh dari bahan tambang adalah emas, batu bara, perak, dan sejenisnya.

    bahan tambang termasuk sumber daya alam abiotik
    Gambar oleh RitaE dari Pixabay
  2. Angin, adalah benda mati yang selalu ada disekitar manusia baik yang kecil maupun besar. Angin juga sangat bermaanfaat bagi manusia seperti untuk penggerak kincir angin dalam pembangkit listrik. Selain itu angin juga perperan pentaing dalam perkembangbiakan beberapa tumbuhan.

    angin adalah sumber daya alam abiotik
    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay
  3. Tanah, merupakan sumber daya yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi. Selain sebagai tempat berpijak tanah juga digunakan untuk menanam berbagai macam tumbuhan.

    tanah merupakan sumber daya alam abiotik
    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay
  4. Air, marupakan komponen penyusun dari struktur bumi yang sangat penting untuk semua makhluk hidup. Tanpa adanya air semua makhluk hidup akan mati. Maka dari itu penggunaan air harus hemat dan tidak berlebihan dalam dalam penggunaannya karena dapat menyebabkan mencemaran air dan juga kekeringan.

    air adalah contoh dari sumber daya alam abiotik
    Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya suber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Gambar oleh José Luis García Miranda dari Pixabay

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adlah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis, karena alam dapat melakukan pembaharuan terhadap sumber daya alam tersebut dengan waktu yang relatif cepat.

Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah

  1. Hewan
  2. Tumbuh-tumbuhan
  3. Udara
  4. Air
  5. Sinar matahari
  6. Mikroorganisme, dan lain sebagainya.

Namun apabila sumber daya alam tersebut digunakan dengan berlebihan, maka kemungkinan besar SDA itu akan mengalami kepunahan. Sehingga kita harus mempunyai cara untuk flora dan fauna tersebut tetap dalam kelestariannya.

Dalam pembahuruan hayati atau fauna dapat kita lakukan dengan cara membuat suaka marga satwa untuk tumbuhan-tumbuhan langka dan banyak menanam atau mengembangbiakkan tumbuhan yang dapat berkembang biak.

Untuk pembaharuan hewan atau fauna kita dapat membuat cagar alam agar hewan-hewan yang mulai punah tersebut dapat tetap lestari.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

bahan tambang termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Gambar oleh Анатолий Стафичук dari Pixabay

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang meliliki jumlah terbatas. Hal ini disebabkan oleh proses pembentukan yang membutuhkan waktu lebih lama dari pada proses pemanfaatannya. Proses pembentukannya bisa mencapai puluhan tahun bahkan bisa juga sampai ratusan tahun.

Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan-bahan galian atau bisa disebut dengan bahan tambang.

Bahan galian menurut prosesnya dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Bahan galian magmatik, adalah bahan galian yang terbentuk dari adanya magama sehingga keberadaannya dapat kita temukan didaerah dalam atau daerah terdekat dengan magma
  2. Bahan galian pematit, adalah bahan galian yang telah terjadi dalam proses intrusi di dalam diatrema
  3. Bahan galian hidrotermal, adalah bahan galian yang terbentuk karena resapan cairan magma yang membeku di sela-sela struktur lapisan bumi yang memiliki suhu rendah
  4. Bahan galian yang terjadi sebagai hasil pengendapan, adalah bahan galian yang terbentuk karena adanya pengendapan di dasar suangai maupun dalam genangan air
  5. Bahan galian yang terjadi sebagai metamorfose kontak, merupakan mineral ekonomik yang terbentuk karena adanya persentuhan magma dengan batuan yang ada disekitarnya
  6. Bahan galian hasil pengayaan sekunder, adalah bahan galian yang terbentuk kerana adanya proses pelarutan bebatuan yang merupakan hasil pengendapan

Sedangkan bahan galian menurut daya pakainya, dibedakan menjadi dua jenis:

  1. Sumber daya alam yang cepat habis karena nilai konsumtifnya tinggi dan pemanfaatannya dalam jumlah besar
  2. Sumber daya alam yang tidak cepat habis karena daya konsumtifnya rendah dan pemanfaatannya dalam jumlah kecil.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Berdasarkan bentuk serta potensi dari penggunanya, sumber daya alam berdasar bentuknya dibagi menjadi empat, yaitu:

  1. Sumber daya alam materi, adalah sumber daya alam yang berupa benda mati yang bisa kita dapatkan secara langsung dari alam dengan beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan.
  2. Sumber daya alam energi, yaitu sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan nantinya juga bisa dimanfaatkaan untuk menunjang dan memberikan fungsi dari lingkungan hidup pada kehidupan manusia.
  3. Sumber daya alam ruang, yaitu sumber daya alam yang berupa ruang, tempat, ataupun wilayah yanng bisa digunakan oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya.
  4. Sumber daya alam waktu, yaitu sumber daya alam yang keberadaanya terikat oleh musim dan waktu.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

  1. Sumber daya alam ekonomis, yaitu sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomis dan nilai jual yang tinggi. Contohnya adalah emas, perak, batu bara, minyak bumi, timah dan sebagainya.
  2. Sumber daya alam non ekonomis, yaitu sumber daya alam yang bisa didapatkan tanpa biaya atau hanya dengan biaya yang sangat kecil. Contohnya adalah sinar matahari, udara, dan air.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Berdasarkan lokasinya sumber daya alam dibedakan menjadi dua:

  1. Sumber daya alam akuatik, yaitu sumber daya alam yang dapat dijumpai di wilayah perairan. Contohnya adalah ikan, terumbu karang, rumput laut, dan sebaginya.

    sumber daya alam akuatik berasal dari daerah yang berair
    Gambar oleh Elba Cabrera dari Pixabay
  2. Sumber daya alam terestrial, yaitu sumber daya alam yang dapat kita jumpai di wilayah daratan. Contohnya adalah bahan tambang, hasil hutan, dan lain sebagainya.

    sumber daya alam terestrial
    Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pengolahannya

Pengolahan sumber daya alam dapat dilakukan dengan beberapa upaya berdasarkan prinsip, yaitu:

  1. Pengolahan sumber daya alam dengan prinsip yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan
  2. Pengolahan sumber daya alam dengan prinsip mengurangi
  3. Pengolahan sumber daya alam dengan prinsip daur ulang

 

Demikian pembahasan tentang Sumber Daya Alam. Sumber daya alam telah memberikan segala manfaat kepada kita dan hendaknya kita untuk selalu menjaganya dengan baik dan bijak.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *