Jenis Permainan Bola Voli dan Ukuran Lapangan Beserta Bolanya

Dalam permainan bola voli selain kita harus mengetahui teknik dan cara-cara bermainnya, kita juga perlu mengatahui komponen-komponen dalam permainan bola voli tersebut. Dengan  begitu kita bisa lebih menguasai tentang permainan bola voli.

Permainan bola voli diabagi menjadi bola voli outdoor, bola voli indoor. Komponen permainan bola voli juga ada bermacam- macam, seperti lapangan, net, dan bola.

Jenis Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim dengan 6 orang pemain di setiap daerah pertahanan. Antar daerah pertahanan dipisahkan oleh jaring pembatas yang sering disebut net. Permainan bola voli sangat diminati sekali oleh para pecintanya. Mereka tidak hanya dari perkumpulan orang dewasa tetapi juga oleh anak-anak.

Permainan bola voli sudah menjadi salah satu materi dalam pelajaran olahraga. Bahkan permainan ini lebih sering dimainkan dan diajarkan dari pada olahraga-olahraga yang lainnya. Bukan karena apa-apa tapi memang olahraga ini sangat seru dan menyehatkan juga pastinya. Permainan bola voli juga sering digunakan untuk pengambilan nilai dalam ujian sekolah.

Permainan bola voli terbagi menjadi beberapa jenis, dan setiap jenisnya memiliki daya tarik tersendiri oleh para pecintanya. Ada yang suka bermain di dalam ruangan, dan ada pula yang suka bermain di luar ruangan.

Bola Voli indoor

permainan bola voli didalam ruangan
gambar oleh static.breakingnews.co.id

Permainan bola voli indoor adalah permainan bola voli yang dilakukan didalam ruangan. Olahraga voli indoor ini biasanya dilakukan diatas alas yang keras. Bermain bola voli di dalam ruangan mungkin lebih diminati karena lebih sejuk dan tidak terlalu panas dengan sinar matahari langsung.

Ketika bermain bola voli didalam ruangan kita juga tidak akan cemas dan merasa kebingungan ketika hujan, karena kita pasti tidak akan kehujan dan juga tidak akan kepanasan ketika cuaca sedang panas. Para penontonpun akan dapat melihat pertandingan dengan tenang dan nyaman.

Voli Outdoor

Voli outdoor adalah permainan bola voli yang dilakukan diluar ruangan. Permainan ini biasanya dilakukan di lapangan sekolah, lapangan daerah atau tempat-tempat yang luas yang biasa digunakan untuk olahraga. Permainan bola voli di luar ruangan akan lebih seru, mengasikkan dan leluasa karena tempatnya yang luas.

Untuk para penonton juga akan lebih mendapat tempat yang luas untuk bisa melihat pertandingan berlangsung. Kita juga bisa merasakan secara langsung angin alami yang sedang berhembus, jadi walaupun panas tapi kita tetap akan bisa menikmati kesegaran angin tersebut.

Permainan bola voli outdoor dibagi menjadi beberapa jenis seperti dibawah:

Voli Pantai

lapangan bola voli
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Voli outdoor biasanya dilakukan di pantai. Maka dari itu orang-orang juga sering menyebut voli outdor dengan sebutan voli pantai. Jadi ketika kita pergi ke pantai kita juga bisa berolahraga bukan hanya liburan dan main-main air saja. Voli pantai akan terasa lebih menyenangkan karena kita menggunakan alas pasir pantai dan ketika jatuh tidak terlalu sakit. Selain itu kita juga bisa bermain dengan menikmati udara dan keindahan pantai beserta mendengar deburan ombak langsung yang terjadi di pantai tersebut.

Kita bisa bermain bola voli sepuasnya di pantai, bisa dengan teman, keluarga, ataupun dengan orang-orang yang sedang berada disana. Permainan bola voli dipantai tidak menggunakan garis tepi sehingga kita bisa bermain dengan sesuka hati. Voli pantai biasanya juga masuk kedalam ajang kompetisi olahraga. Jadi tidak hanya untuk bermain-main dan hiburan saja tetapi juga bisa digunakan untuk meraih kejuaraan.

Voli Mini

permainan bola voli mini
gambar oleh i.ytimg.com

Permainan bola voli mini adalah permainan bola voli yang bisa dilakukan atau dimainkan oleh anak-anak sekolah, karang taruna, atau perkumpulan-perkumpulan pecinta bola voli didaerah masing-masing.

Permainan bola voli mini biasanya digunakan untuk kejuaraan antar sekolah. Selain itu, kita bisa menggunakan permainan bola voli mini ini sebagai media belajar untuk menjadi pemain yang lebih baik kedepannya dengan cara bertahap. Yang awalnya berasal dari lapangan mini bisa masuk ke lapangan berstandart internasional.

Ukuran Lapangan Bola voli

ukuran lapangan bola voli untuk putra dan putri
Gambar oleh Elba Cabrera dari Pixabay

Lapangan adalah tempat umum yang berada di luar ruangan yang kebanyakan digunakan untuk kegiatan olahraga. Namun lapangan juga ada yang didesain khusus berada didalam ruangan. Begitupun dengan lapangan bola voli. Permanain bola voli dapat dimainkan di lapangan yang berada di luar ruangan ataupun lapangan yang berada di dalam ruangan dengan ukuran yang disesuaikan.

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang voli, hendaknya kita juga tahu tentang ukuran-ukuran lapangan bola voli yang biasa dipakai untuk bermain voli.

Ukuran Lapangan dan Net Bola Voli Standart Internasional

gambar ukuran lapangan bola voli dengan ukurannya berdasarkan standart internasional
gambar oleh upload.wikimedia.org

ukuran net voli putra dan putri

gambar ukuran tiang dan net bola voli

Permainan bola voli memiliki lapangan yang lumayan lebar dan panjang. Ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan bola voli putra dan putri berukuran sama.

Berikut adalah lapangan bola voli yang berstandart internasional yang biasa digunakan untuk pertandingan bola voli.

  1. Ukuran lapangan volinya 18 meter x 9 meter. Service dilakukan di sepanjang garis belakang 9 meter.
  2. Jarak garis serang dan jarak garis tengan adalah 3 meter.
  3. Tinggi net bola untuk pemain putra adalah 2,43 meter dan tinggi net untuk pemain putri adalah 2,24 meter.
  4. Lebar net 1 meter dan panjang net 9,50-10 meter.
  5. Dua pita putih dipasang tegak lurus pada net dan dipasang pada setiap sisi net.
  6. Lebar pita putih 5 cm dan panjang 1 m. Pita putih tersebut bagian dari net.

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

permainan bola voli mini
gambar oleh i.ytimg.com
ukuran lapangan permainan bola voli mini yang biasa dimainkan oleh pelajar tingkat dasar
gambar oleh olahraga.pro

Selain menurut ukuran internasional permainan bola voli juga memiliki ukuran lapangan untuk permainan bola voli mini. Tentu saja ukurannya juga lebih kecil sesui dengan namanya. Lapangan ini disesuaikan dengan para pemain yang rata-rata para siswa atau warga-warga sekitar yang menggukan permainan bola voli sebagai kegiatan olahraga rutin.

Ukuran lapangan ini adalah:

  1. Memiliki panjang 12 meter dan lebar 6 meter. Service dilakukan sepanjang garis 6 meter.
  2. Ukuran tinggi net untuk pemain putra 2,1 meter.
  3. Ukuran tinggi net untuk pemain putri 2 meter.

Ukuran Bola Voli

ukuran bola voli
Gambar oleh sgrunden dari Pixabay

Dalam permainan bola voli, bolanyapun memiliki ukuran yang sudah ditentukan. Bolanya harus berbentuk bola atau bulat,dan terbuat dari kulit atau kulit sintetik. Bola tersebut harus memiliki lingkar 65-67 cm, dan berat 260-280 g dengan tekanan dalam 0,30-0,325 kg /cm.

Biasanya para pemain cenderung lebih memilih bola yang penuh dengan tekanan udara karena bola akan tersa lebih ringan dan pantulannya lebih mudah. Namun tetap harus sesuai dengan peraturan yang ada.

Saya rasa cukup dengan sedikit informasi dari saya tentang permainan bola voli yang mencakup tentang jenis permainan bola voli, ukuran lapangan, net, dan bola. Semoga dengan adanya artikel ini semua pertanyaan yang pernah muncul di pikiran teman-teman bisa terjawab.

Semoga bermanfaat. Sekian dari saya, Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *