Pengertian Energi dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Pengertian Energi dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Hai teman-teman, kita bertemu lagi di tempat dimana kita akan belajar bersama-sama. Kali ini kita akan membahas tentang Energi dan macam-macamnya. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “energi”. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas sekarang!!!

Pengertian Energi

Energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan usaha atau untuk melakukan perubahan. Energi adalah bagian dari suatu benda namun tidak terikat dengan benda tersebut.

Dalam setiap harinya kalian pasti menemukan energi, baik yang kalian lakukan sendiri atau bahkan orang lain. Contoh sederhananya adalah ketika ada buah yang jatuh dari pohonnya.

Energi dibagi menjadi beberapa macam, seperti yang akan kita bahas dibawah ini!!

Macam-Macam Energi

Energi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, seperti energi cahaya, energi bunyi dan energi lainnya.

Berikut adalah macam-macam energi yang ada di bumi, dan ada juga energi yang dihasilkan oleh energi lain karena terjadi perubahan pada energi tersebut.

Energi Cahaya

lampu meruoakan penghasil energi cahaya
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Energi cahaya adalah suatu energi yang dipancarkan oleh sumber energi cahaya. Energi cahaya ini diperoleh dari benda-benda yang menghasilkan cahaya, seperti matahari, api, dan juga lampu. Biasanya energi cahaya juga disertai dengan energi lain yaitu energi panas atau kalor.

Selain itu energi cahaya juga dapat menghasilkan energi lain seperti energi listrik. Misalnya dengan adanya penggunakan sel surya, sehingga cahaya yang dipancarkan oleh matahari akan diterima panel surya kemudian dirubah menjadi energi listrik.

Energi Bunyi

Terompet merupakan salah satu sumber bunyi yang menghasilkan energi bunyi
Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan karena adanya getaran di sekitar sumber bunyi. Bunyi juga dapat merambat melalui perantara udara. Misalnya, ketika ada guntur yang sangat keras maka bunyinya akan bisa menggetarkan kaca diseluruh rumah dan kaca tersebut bisa pecah.

Sumber energi bunyi bisa berasal dari mana saja seperti dari alat musik, dari dua benda yang bergesekan atau juga bisa dari suara kita sendiri.

Jadi, sumber bunyi tidak hanya dari alat musik saja. Semua yang menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi.

Energi Kalor

Matahari dapat menghasilkan energi panas
gambar oleh thebigboot.com

Energi kalor atau bisa juga disebut dengan energi panas adalah sebuah energi yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan panas. Sumber energi terbesar yang dapat menghasilkan panas adalah matahari.

Selain matahari sumber energi panas juga bisa berasal dari api, pergesekan antara dua benda dan lain sebagainya.

Energi panas juga merupakan energi yang dihasilkan dari energi lain, misalnya lampu yang tersambung dengan listrik atau menyala lama-kelamaan akan tersa panas. Energi ini juga bisa dihasilkan dari energi kimia dan energi kinetik.

Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi yang dihasilkan dari penjumlahan antara energi kinetis dan energi potensial.

Pernahkan kalian kejatuhan buah dan merasakan sakit? Kemudian kenapa buah tersebut dapat menyebabkan sakit? Hal itu disebabkan karena adanya energi mekanik pada benda tersebut.

Ketika buah tersebut masih berada di pohonnya, maka besar energi mekaniknya sama besar dengan energi potensialnya. Sedangkan ketika buah tersebut suadah jatuh, maka besar energi mekaniknya sama dengan energi kinetiknya.

Energi Kinetik

bandul merupakan contoh dari energi kinetik
Gambar oleh Willfried Wende dari Pixabay

Energi kinetik atau bisa juga disebut dengan energi gerak adalah adalah energi yang dimiliki karena suatu gerakan yang dimiliki oleh suatu benda.

Energi kinetik suatu benda didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan suatu benda dengan masa tertentu dari keadaan awal yang diam hingga menghasilkan kecepatan tertentu.

Ketika suatu benda mengalami penambahan kecepatan maka energi kinetik dari benda tersebut juga akan bertambah. Begitu pula ketika benda tersebut memiliki masa yang bertambah, maka energi kinetiknya kuga akan bertambah.

Energi Pegas

per atau pegas adalah salah satu sumber dari gaya pegas
Gambar oleh Sven Hilker dari Pixabay

Kitika suatu benda memiliki keelastisan atau kelenturan maka benda tersebut mimiliki energi pegas. Jadi, energi pegas adalah energi yang memiliki oleh benda yang potensi keelastisan.

Benda-benda yang memiliki energi pegas antara lain adalah per, pegas, busur, trampolin, ketapel, dan lain sebagainya. Ketika kita menggulung atau menarik suatu benda yang elastis maka benda tersebut akan kembali kebentuk semula.

Ketika kita memberikan tekanan pada suatu benda, maka energi yang dihasilakan adalah energi potensial. Sedangkan saat kita melepaskan benda tersebut maka energi yang dihasilkan adalah energi kinetik.

Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang dilepaskan ketika proses kimia
Gambar oleh Arturs Budkevics dari Pixabay

Energi kimi adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi suatu zat sehingga menghasilkan suatu energi seperti energi panas, energi kinetik, dan energi potensial.

Contoh energi yang dihasilkan oleh reaksi kimia juga bisa melalui proses yang sederhana seperti pada makan yang kita makan. Ketika makanan sudah berada didalam tubuh maka unsur kimia yang terkandung dalam makanan tersebut akan mengalami suatu reaksi kimia. Selama unsur-unsur tersebut beraksi maka proses tersebut akan melepaskan energi kimia.

Energi kimia yang nantinya akan dilepaskan akan membantu metabolisme tubuh untuk menunjang aktivitas keseharian kita.

Energi Listrik

energi listrik merupakan energi yang dihasilkan oleh muatan listrik yang bergerak
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Energi listrik adalah energi yang dibutuhkan oleh benda-benda atau peralatan listrik. Energi listrik bisa berasal dari berbagai macam sumber seperti air, minyak, angin, batu bara, nuklir, matahari dan sebagainya.

Salah satu contoh dari penggunaan energi listrik adalah pembangkit listrik. Pembangkit listrik tersebut tentu akan mendapatkan energi dari berbagai sumber energi misalnya dari nulkir, angin, matahari, atau air. Sedangkan apabila ingin menghasilkan energi listrik yang kecil bisa menggunakan baterai, aki, atau generator.

Energi Nuklir

bom atom merupakan contoh dari energi nuklir
Gambar oleh Alexander Antropov dari Pixabay

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi pada inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain lalu melepaskan energi kalor.

Reaksi nuklir terdapat pada matahari, bom nuklir, serta reaktor nuklir. Energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir sangatlah besar sehingga dapat digunakan untuk pembangkit listrik.

Energi Potensial

mengangkat beban berat merupakan contoh dari penerapan energi potensial
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh suatu benda karena posisinya (kedudukannya) terhadap suatu acuan. Contohnya, batu yang diangkat pada suatu ketinggian tertentu akan memiliki energi potensial.

 

Nah.. bagainmana? sudah pahamkan dengan energi? Jadi, seperti itulah energi dan itulah macam-macamnya. Untuk menemukan energi kita tidak perlu pergi jauh-jauh, kita cukup mengamati orang disekitar kita atau bisa juga mengamati kegiatan kita sendiri.

Cukup sampai disini belajar kita hari ini, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa belajar bersama lagi dalam bahasan-bahasan yang lain.

Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Comment