macam-macam energi

Pengertian Energi dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Hai teman-teman, kita bertemu lagi di tempat dimana kita akan belajar bersama-sama. Kali ini kita akan membahas tentang Energi dan macam-macamnya. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “energi”. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas sekarang!!!

Pengertian Energi

Energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan usaha atau untuk melakukan perubahan. Energi adalah bagian dari suatu benda namun tidak terikat dengan benda tersebut.

Dalam setiap harinya kalian pasti menemukan energi, baik yang kalian lakukan sendiri atau bahkan orang lain. Contoh sederhananya adalah ketika ada buah yang jatuh dari pohonnya.

Energi dibagi menjadi beberapa macam, seperti yang akan kita bahas dibawah ini!!

Macam-Macam Energi

Energi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, seperti energi cahaya, energi bunyi dan energi lainnya.

Berikut adalah macam-macam energi yang ada di bumi, dan ada juga energi yang dihasilkan oleh energi lain karena terjadi perubahan pada energi tersebut.

Energi Cahaya

lampu meruoakan penghasil energi cahaya
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan karena adanya getaran di sekitar sumber bunyi. Bunyi juga dapat merambat melalui perantara udara. Misalnya, ketika ada guntur yang sangat keras maka bunyinya akan bisa menggetarkan kaca diseluruh rumah dan kaca tersebut bisa pecah.

Sumber energi bunyi bisa berasal dari mana saja seperti dari alat musik, dari dua benda yang bergesekan atau juga bisa dari suara kita sendiri.

Jadi, sumber bunyi tidak hanya dari alat musik saja. Semua yang menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi.

Energi Kalor

Matahari dapat menghasilkan energi panas
gambar oleh thebigboot.com