pengertian dan macam-macam gaya

Macam-Macam Gaya dan Penjelasannya

Gaya

gaya dorongan
Gambar oleh Chris Thornton dari Pixabay

Dalam ilmu fisika gaya adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan sebuah benda yang bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Atau bisa juga diartikan, sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya atau berakselerasi, ataupun untuk terdeformasi.

Gaya adalah gerakan yang diberikan kepada suatu benda yang berupa tarikan ataupun dorongan. Gaya yang terjadi tidak dapat dilihat tapi bisa dirasakan. Dan gaya juga sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya tersebut adalah gaya tarik dan gaya dorong.

Contoh gaya tarik dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti menarik meja, menarik ember air dari sumur, mengerek bendera dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk gaya dorong adalah mendorong kursi, mendorong gerobak dan kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan dengan dorongan.

Macam-Macam Gaya

Sebernarnya gaya telah dibagi menjadi beberapa macam atau jenis, yaitu gaya pegas, gaya gesek, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya otot.

Konsep yang berhubungan dengan gaya antara lain adalah gaya hambat yang dapat mengurangi kecepatan benda, torsi (hasil perkalian gaya dan jarak) yang dapat menyebabkan perubahan kecepatan rotasi benda.

Pada objek yang telah  diperpanjang,maka setiap bagian dari benda tersebut akan menerima gaya. Distribusi gaya ke setiap bagian tersebut disebut regangan. Tekanan merupakan regangan yang sederhana. Regangan biasanya dapat menyebabkan deformasi pada benda padat, atau aliran pada benda cair.

Gaya Pegas

gaya pegas
Gambar oleh Rupert Kittinger-Sereinig dari Pixabay

Gaya pegas adalah gaya yang telah dihasilkan oleh benda yang lentur atau elastis. Gaya pegas adalah gaya tarik yang disebabkan oleh pegas. Gaya pegas selalu terjadi pada benda-benda lenting yang bentuknya dapat diubah.

Sifat elastik ini dimiliki oleh benda yang apabila diubah bentuknya kemudian dilepaskan, maka benda itu akan kembali ke keadaan atau bentuk semula.

Contoh gaya pegas timbul pada bambu yang dibengkokkan atau busur panah yang ditarik. Gaya pegas biasanya dimanfaatkan untuk mengurangi pengaruh dari getaran pada jalan yang kasar, misalnya pada sepeda motor, mobil, dokar atau sepeda.

Selain itu juga terjadi pada karet gelang yang direnggangkan, dan pada suatu pegas yang direnggangkan atau dimampatkan maka akan timbul gaya kearah benda yang merenggangkannya atau memampatkannya.

Gaya Gesek

gaya gesek dalam permainan ski
Gambar oleh Simon Steinberger dari Pixabay

Gaya gesek adalah gaya yang arahnya melawan gerak benda atau arah dari bergeraknya arah benda. Gaya gesek adalah gaya yang terjadi karena adanya dua benda yang bergesekan dengan permukaan yang datar.

Gaya gesek dengan permukaan yang kasar akan menyebabkan pergerakan benda menjadi lebih lambat, sedangkan daerah dengan permukaan yang licin akan mempercepat pergerakan suatu benda.

Dari pergesekan dua benda yang tercipta akan menimbulkan suatu bunyi. Contoh gaya gesek yang tejadi dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti saat kita mengerem boli, mendorong kursi yang berada diatas lantai, saat mengasah pisau dan lain sebagainya.

Gaya Listrik

gaya listrik dalam lampu
Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay

Gaya listrik adalah suatu gaya yang dihasilakan oleh benda-benda yang bermuatan listrik. Disekitar benda yang bermuatan listrik juga mengandung medan listrik. Medan listrik adalah daerah yang berada di sekitar benda yang bermuatan listrik, yang di mana gaya listrik tersebut berupa tarikan yang masih bisa bekerja. Benda-benda tertentu yang berada di dalam medan listrik akan ditarik oleh benda yang bermuatan listrik tersebut.

Apabila ada benda yang berada di dalam medan listrik, maka akan terjadi perpindahan listrik. Contoh dari perpindahan listrik adalah bila ada dua benda saling digosokkan maka elektron dari salah satu benda akan berpindah ke benda lain sehingga benda yang satu kekurangan elektron dan benda lain kelebihan elektron.

Gaya Magnet

gaya magnet menarik benda logan dan besi
Gambar oleh pithonius dari Pixabay

Gaya magnet merupakan gaya yang ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan dari magnet. Gaya magnet mampu menembus penghalang, yaitu benda nonmagnetis namun hal ini dapat dipengarungi oleh beberapa hal.

Apabila berbicara mengenai kekuatan gaya magnet, maka lakukanlah percobaan menjalankan sendok diatas meja dengan sebuah magnet dibawahnya.

Benda-benda dapat tertarik oleh magnet apabila benda tersebut masih berada dalam medan magnet. Di sekitar magnet terdapat medan magnet, yaitu di daerah dimana gaya magnet masih bisa bekerja. Sebuah benda yang berada di dalam medan magnet akan dipengaruhi oleh medan magnet tersebut, sehingga bersifat seperti magnet. Oleh karena itu, benda-benda tersebut akan saling tarik menarik dengan magnet.

Tidak semua benda yang berada di dalam medan magnet akan dipengaruhi dan ditarik oleh magnet, tetapi hanya benda-benda yang terbuat dari besi dan baja saja. Gaya magnet banyak dimanfaatkan pada peralatan listrik seperti pada relai telepon, bel listrik, pintu lemari es, dan tutup kotak pensil.

Gaya Gravitasi

gaya gravitasi terjadi pada buah yang jatuh dari pohon
gambar oleh guebanget.com

Gaya gravitasi adalah gaya tarik yang disebabkan oleh pusat bumi. Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara partikel yang satu dengan partikel yang lain dan mempunyai massa di alam semesta. Gaya gravitasi bumi mengakibatkan semua benda yang dilemparkan ke atas akan jatuh kembali kabawah. Gaya Gravitasi matahari dapat mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari.

Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda yang ada di sekitarnya termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga dapat menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.

Gaya Otot

gaya otot mengangkat beban berat
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Gaya otot adalah gaya yang diciptakan oleh otot untuk mendapatkan hasilnya. Gaya yang dihasilkan oleh gaya otot adalah kegiatan seperti dorongan dan tarikan. Contoh Kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan gaya otot adalah mengangkat beban berat, menendang bola, menarik mobil yang mogok, dan beberapa kegiatan lainnya.

Di atas adalah macam-macam dan penjelasan dari berbagai gaya. Mulai dari gaya pegas, gaya gesek, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya otot. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hal-hal atau kegiatan yang kita kerjakan dan berhubungan dengan gaya, namun itu semua jarang sekali kita sadari.

Sekian artikel dan sedikit informasi yang dapat saya tulis disini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang gaya, serta dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *