Mengenal Warna Primer dan Penjelasannya [Lengkap]

Mengenal Warna Primer dan Penjelasannya [Lengkap]

Warna Primer – Dalam setiap kehidupan pasti tidak akan terlepas akan adanya warna. Apapun yang kita pakai dan kita gunakan pasti memiliki warna, beberapa diantaranya adalah pakaian, rumah, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Warna adalah salah satu unsur yang ada dalam seni rupa, dan warna merupakan salah satu unsur yang sangat menonjol daripada unsur yang lainnya.

Warna-warna yang ada akan ditangkap oleh mata manusia dan kemudian diresap sehingga muncul wujud yang indah. Dari hal itu maka terbentuklah warna-warna seperti merah, kuning, biru, hijau, dan warna yang lainnya.

Warna primer

Oke langsung saja, kita kali ini akan membahas tentang warna primer. Ada yang tau apa itu warna primer?

Warna primer adalah warna asli yang tidak bisa dicampur. Pada dasarnya warna primer merupakan warna yang tidak memiliki cahaya, namun warna primer adalah warna yang memiliki konsep biologis. Warna primer adalah warna yang didasarkan oleh respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya yang datang.

Menurut fundmental, cahaya adalah spektrum yang berkesinambungan dari panjang gelombang, yang menunjukan bahwa ada warna yang lain yang tidak terhitung.

Mata manusia normalnya memiliki tiga jenis reseptor atau alat penerima yang biasa disebut dengan sel kerucut (berada di retina). Alat inilah yang merespon panjang gelombang cahaya yang datang. Tidak hanya manusia yang memiliki macam reseptor warna tersebut, namun spesies lain juga memilikinya yaitu hewan. Makhluk yang memiliki tiga macam reseptor disebut dengan trichomat.

Ada yang tau warna apa saja yang disebut dengan warna primer? Berikut adalah warna-warnanya.

Macam-Macam Warna Primer

warna primer

Warna primer adalah warna pokok yang digunakan untuk membentuk atau menciptakan warna yang lainnya. Caranya adalah dengan mencampur warna pokok yang satu dengan warna pokok yang lainnya, sehingga akan terbentuk warna yang baru.

Adapun yang dimaksud dengan warna pokok adalah warna primer yaitu:

Warna Merah

warna merah

Warna merah adalah warna yang identik dengan semangat, semangat yang berkobar, gairah dan agresifitas. Warna merah juga terbukti secara ilmiah, bahwa warna merah bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan detak jantung.

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang fastfood menggunakan warna merah sebagai warna yang lebih dominan daripada warna yang lainnya, misalnya pada logo, kemasan, dan yang lainnya, karena warna merah dianggap bisa menambah nafsu makan.

Warna Biru

warna primer

Warna biru biasanya sering digunakan dan dikaitkan dengan warna kesedihan. Namun apabila ada kombinasi warna yang benar, maka warna biru ini bisa diartikan menjadi warna yang penuh dengan tanggung jawab, warna ketenangan, dan warna kesetiaan.

Salah satu contoh dari kombinasi warna yang benar adalah biru tua (dark blue), warna ini sering digunakan perusahaan untuk memberi warna yang dominan pada logo mereka karena warna biru tua dianggap sebagai warna yang bersifat teguh.

Warna Kuning

warna kuning

Warna kuning sendiri biasanya dianggap warna yang paling energik dari warna-warna yang lainnya. WArna kuning sendiri juga mempunyai tafsiran yang sangat beragam dari berbagai sudut pandang budaya.

Di dalam kebudyaan Jepang, warna kuning menggambarkan keberanian. Di kebudayaan Mesir melangbangkan kesedihan.

Dari mata desainer, warna kuning juga memiliki arti tersendiri, misalnya untuk melambangkan kebahagiaan, warna kuning dicampurkan dengan warna lain. Dari warna-warna campuran itu juga bisa melambangkan kemakmuran, hingga tanda bahaya.

Golongan Warna Primer

Warna Primer Additif

warna primer aditif

Warna-warna yang termasuk kedalam golongan warna primer additif adalah warna hijau, merah dan biru. Warna-warna tersebut apabila dicampur akan membentuk warna baru.

Warna hijau dan warna merah akan menghasilkan warna kuning atau oranye, warna biru dan hijau akan menghasilkan warna biru kehijauan, warna merah dan biru akan menghasilkan warna ungu, sedangkan apabila warna tersebut dicampur dengan proporsi yang seimbang dari warna prime additif akan menghasilkan warna kelabu.

Apabila tiga warna itu dicampurkan makan akan menghasilkan warna putih, dan juga akan menghasilkan ruang waran merah, hijau dan biru.

Warna Primer Subtraktif

warna primer Subtraktif

Warna yang merupakan bagian dari warna primer subtraktif adalah warna biru, merah dan kuning dan warna-warna tersebut biasanya dikhususkan dalam seni melukis. Warna tersebut membentuk warna primer dalam sebuah lingkaran warna standar dan warna sekunder, seperti violet, jingga, dan juga hijau.

Campuran Warna Primer – Subtraktif

Campuran kuning dan biru kehijau-hijauan menghasilkan warna hijau, campuran kuning dengan ungu kemerah-merahan menghasilkan warna merah, sedangkan campuran ungu kemerah-merahan dengan biru kehijau-hijauan menghasilkan warna biru.

Dalam teori, campuran tiga pigmen ini dalam ukuran yang seimbang akan menghasilkan warna kelabu, dan akan menjadi hitam jika ketiganya dicampur secara penuh. Namun, jika dipraktekkan hasilnya cenderung menjadi warna kotor kecoklatan.

Oleh karena itu, seringkali dipakai warna keempat, yaitu hitam, sebagai tambahan dari biru kehijau-hijauan, ungu kemerah-merahan, dan kuning. Ruang warna yang dihasilkan kemudian disebut dengan CMYK (Cyan,Magenta, Yellow, Black).

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang warna primer. Semoga bisa bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment