Renang (Pengertian, Sejarah, Manfaat, Prinsip, Gaya) LENGKAP

Hallo sahabat kilau kembali lagi dengan kami di kilausenja.com untuk kembali belajar bersama. Kali ini kita akan membahas yang segar-segar dan menyenangkan, tentunya juga menyehatkan. Ada yang tau?

Yap seperti yang sudah saya tulis pada judul, kali ini kita akan belajar tentang Renang. Siapa disini yang suka berenang?

Baik langsung saja yuk kebawah!!!

Pengertian

Berenang merupakan suatu olah raga yang banyak digemari oleh banyak orang
Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Renang merupakan suatu olahraga yang memperlombakan kecepatan berenang dari atlet renang. Atlet yang memenangkan perlombaan tersebut adalah atlet yang dapat menyelesaikan perlombaan dengan jarak lintasan yang tercepat.

Persatuan perlombaan renang ini telah ditetapkan oleh dunia dalam Federasi Renang Internasional (FINA) bersama dengan renang indah, renang perairan terbuka, loncat indah, dan polo air. Federasi Renang sendiri terbentuk pada tahun 1908. Untuk induk persatuan renang di Indonesia bernama PRSI yaitu Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Sejarah

Manfaat olahraga renang untuk tubuh dan diri kita
Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Perlombaan renang awal dimulai pada tahun 1800 di Eropa dan sebagian besar atletnya menggunakan gaya dada. Kemudian pada tahun 1873 oleh Jonh Arthur diperkenalkan gaya trudgen seletah meniru gaya renang suku Indian.

Karena ketidaksukaan masyarakat Inggris terhadap gerakan kaki yang memercikkan air maka gaya trudgen menjadi penggati gaya kaki yang bebas melecut ke atas ke bawah menjadi gerakan seperti menggunting layaknya renang gaya samping.

Renang masuk kedalam cabang olahraga yang dilombakan sejak Oleimpiade Athena tahun 1896. Untuk nomor renang putri mulai dilombakan sejak Olimpiade Stockholm pada tahun 1912.

Pada tahun 1902 Richard Cavil memperkenalkan gaya renang yaitu gaya bebas. Selain itu juga ada gaya lain yang muncul pada tahun 1930-an yaitu gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu sendiri merupakan variasi dari gaya dada. Pada tahun 1952 gaya kupu-kupu telah ditetapkan sebagai gaya renang yang tersendiri tanpa tergabung dengan gaya lain.

Manfaat Renang

Sejarah olahraga renang
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Pasti kalian sudah tau tentang manfaat dari olahraga renang yaitu olahraga yang dapat menyehatkan badan. Tidak hanya itu saja, menurut Budiningsing olahraga renang memiliki 5 mafaat, yaitu:

  1. Dapat menyehatkan badan serta dapat merangsang gerakan motorik. Dengan berolahraga renang otot-otot balita dan anak-anak akan berkembang, persendiannya akan dapat tumbuh dengan optimal, tubuhnya menjadi lentur, dan juga pertumbuhan badannya akan meningkat.
  2. Sebagai sarana bermain dan juga rekreasi. Dengan membuat kolam renang kita dapat menjadikannya menjadi tempat bermain dan rekreasi. Kolam renang yang digunakan untuk sarana bermain biasanya akan didatangi oleh balita dan anak-anak kerena mereka sangat menyukai air.
  3. Dapat menghilangkan rasa takut terhadap air. Dengan seringnya kita bermain atau berolahraga renang kita dapat menghilangkan rasa takut kita terhadap air. Sehingga baik sekali apabila semenjak bayi sudah dikenalkan dan dibiasakan berenang atau bermain dengan air, sehingga kelak mereka tidak takut pada air.
  4. Meningkatkan keberanian, kepercayaan diri dan juga mengasah kemandirian. Dengan berenang kita bisa menambah keberanian dan kepercayaan diri serta dapat menjadikan kita untuk menjadi orang yang mandiri.
  5. Meningkatkan kemampuan sosial dalam olahraga renang. Olahraga renang yang dilakukan secara bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk beradaptasi serta mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Prinsip Berenang

prinsip-prinsip yang ada dalam olahraga renang
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Olahraga renang menurut Tunggal (200: 4-5) memiliki prinsip sebagai berikut:

  1. Prinsip keteratuan dalam dorongan. Penggunaan dorongan yang teratur murupakan hal yang baik dan efektif dari pada penggunaan dorongan yang tidak teratur untuk mendorong tubuh agar berjalan maju.
  2. Prinsip hambatan dan dorongan. Kecepatan maju dalam renang merupakan hasil dari dua kukuatan yaitu kekuatan yang cenderung menghambat dan kekuatan yang mendorong. Gerakan tersebut diciptakan oleh gerakan tangan dan kaki.
  3. Prinsip pemindahan momentum. Untuk memindahkan momentum dari satu bagian tubuh yang satu ke tubuh yang lain kita cukup banyak menggerak-gerakkan tubuh kita. Prinsip ini biasa digunakan dalam gerakan yang dilakukan didalam maupun diluar air.
  4. Prinsip hukum aksi-reaksi. Prinsip ini adalah prinsip yang digunakan dalam mekanika pemulihan lengan dari masalah gaya renang yang terjadi diluar air. Prinsip ini juga memiliki pengaruh terhadap efisiensi dan kecepatan renang.

Macam-Macam Gaya Renang

macam-macam gaya renang
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Berikut adalah macam-macam gaya renang menurut Budiningsih (2010:17):

Renang Gaya Babas

Renang gaya bebas merupakan gerakan menelungkupkan badan, dimana tangan serta kaki melakukan tendangan dan tarikan. Dalam gaya bebas posisi tubuh datar diatas air dan bahu sedikit kebelakang. Sedangkan kaki berada dibawah beberapa inci dengan permukaan air.

Hal yang perlu diperhatikan saat berenang gaya bebas adalah tetap mempertahankan wajah dan juga mata agar selalu menatap lurus kedepan.

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung adalah gaya dengan posisi punggung menghadap air atau sering disebut terlentang. Gerakan renang gaya punggung sama dengan garakan renang gaya bebas. Dalam gaya punggung posisi wajah perenang berada diatas permukaan air untuk mempermudah bernafas dan membuka mata.

Dalam gaya punggung memiliki kesulitan tersendiri yaitu akan kesulitan menentukan arah karena mata kita akan menghadap keatas. Gerakan kaki pada renang gaya punggung akan lebih aktif keatas  dan pergelangan kaki harus diusahakan untuk tetap lemas.

Renang Gaya Dada

Renang gaya dada atau sering disebut dengan gaya katak merupakan gaya renang dengan posisi tubuh seperti merangkak di atas permukaan air. Gaya ini sangat mirip dengan cara berenangnya katak. Gaya dada dilakukan dengan mengkombinasikan gerakan kaki dan tangan. Tangan dan kaki perenang berada didalam air dan kepala naik turun dari dalam ke permukaan air sehingga saat berenang perenang akan dapat melihat kearah depan.

Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu adalah pengembangan dari gaya dada, seperti yang saya tulis diatas tadi. Gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan kedua lengan yang bergerak seperti mengayuh secara bersamaan. Kedua tangan dibentangkan kemudian mengepak agar dapat berjalan kedepan.

Untuk berenang dengan gaya kupu-kupu ini kita membutuhkan tenaga yang sangat kuat, irama dan juga koordinasi gerak yang baik. Maka diri itu, gaya ini adalah gaya yang termasuk sangat sulit untuk dipelajari.

Nah, itulah pembahasan kita kali ini tentang olahraga renang. Setelah kita mengetahui apasih olahraga renang? bagaimana sejarahnya, apa manfaat dan prinsipnya, juga apa saja gaya yang digunakan dalam berenang? maka kedepannya kita akan dapat berenang dengan baik dan benar walaupun belum sebaik para atlet-atlet renang.
Sekian artikel pembahasan ini dari kami, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Jangan lupa tetap berkilau teman kilausenja 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *