7+ Macam Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Permainan Bola Kecil

permainan bola kecil
Gambar oleh Kelsey Vere dari Pixabay

Permainan bola didalam olahraga tidak hanya permainan yang menggukan bola berukuran besar seperti permainan bola voli dan sepak bola. Di dalam olahraga bola kecil juga dipergunakan atau dibuat permainan bahkan juga kejuaraan.

Permainan bola kecil adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan alat seperti tongkat, raket, bet dan lainnya serta bola berukuran kecil pastinya. Permainan bola kecil juga telah masuk kedalam permainan internasional yang sangat banyak peminatnya, walaupun kadang tidak setenar atau seterkenal olahraga lainnya seperti sebak bola.

Meskipun permainan bola kecil tidak terlalu tenar dikalangan masyarakat namun dengan peminat yang tinggi permainan bola kecil dapat tetap bertahan dalam kejuaraan internasional maupun nasional.

Permainan bola kecil terbagi dalam beberapa jenis, yaitu bulu tangkis, kasti, golf, tenis meja, tenis lapangan, baseball, softball, kricket, bilyard, sepak takraw.

Bulu Tangkis

permainan bulu tangkis
Gambar oleh PDPics dari Pixabay

Bulu tangkis adalah permainan bola kecil yang menggunakan raket untuk memukul kok (shuttlecock) kearah daerah pertahanan lawan. Kok digunakan sebagai pengganti bola yang dipukul oleh setiap regu yang sedang bertanding.

Dalam pertandingan atau kejuaraan bulu tangkis dibagi menjadi 5 golongan, yaitu:

  1. Tunggal putra. Golongan tunggal putra akan dimainkan secara perseorangan dari setiap tim dalam setiap permainan. Jadi, permainan ini dimainkan secara 1 lawan satu dari golongan pria.
  2. Tunggal putri. Golongan tunggal putri akan dimainkan 1 orang wanita dari setiap tim.
  3. Ganda putra. Golongan ganda putra dimainkan oleh 2 orang pria untuk setiap timnya. Jadi, peserta yang bertanding ada 4 orang.
  4. Ganda putri. Golongan ganda putri sama dengan golongan ganda putra. Menggunakan 2 peserta wanita yang nantinya akan bertanding secara dua lawan dua.
  5. Ganda campuran. Golongan ganda campuran adalah permainan yang dimainkan oleh 2 orang dari setiap timnya dengan satu peserta putra dan satu peserta putri.

Kasti

permainan kasti
Gambar oleh Welcome dari Pixabay

Kasti adalah permainan bola kecil yang dimainkan dengan bola berukuran sekitar segenggam tangan yang dipukul dengan tongakat kayu. Permainan kasti dilakukan didalam lapangan berbentuk persegi panjang dengan beberapa tempat atau pos yang digunakan untuk berlindung ketika bola sudah berada ditangan lawan.

Permainan kasti dimainkan oleh dua regu yang setiap regunya berjumlah 12 orang untuk menjadi pelempar dan pemukul bola. Alat pemukulnya berupa yang berbentuk silindris namun terdatap satu sisi yang datar untuk memukul bola. Bola yang digunakan adalah bola karet.

Golf

permainan bola kecil golf
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Golf adalah permainan yang dimainkan di lapangan yang berada diluar ruangan. Permainan biasa dimainkan oleh orang-orang kelas atas karena permain ini memerlukan lapangan yang sangat luas dengan peralatan yang mahal. Peralatan yang digunakan adalah bola kecil berwarna putih dan pemukul khusus untuk golf atau yang disebut dengan klab (stick golf).

Pernainan ini bisa dimainkan untuk perorangan maupun beregu yang setiap pemainnya akan memasukan bola kedalam luabang yang telah disiapkan. Lubang dalam permainan golf bisanya berjumlah 9 atau 19. Permainan yang bagus adalah apabila pemain dapat memasukkan bola kedalam lubang dengan pukulan yang paling sedikit.

Tenis Meja

permainan tenis meja
Gambar oleh djimenezhdez dari Pixabay

Permainan tenis meja adalah permainan yang dimainkan diatas meja dengan raket kayu atau badge sebagai pemukul bola ping pong. Karena menggunakan bola ping pong maka permainan ini juga sering disebut dengan permainan bola ping pong.

Tenis meja dimainkan oleh 2 orang jika melakukan pertandingan tunggal, dan 4 orang dalam permainan ganda. Di Indonesia terdapat persatuan tenis meja yang disebut dengan PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan untuk tingkat internasional disebut dengan ITTF (International Table Tennis Federation). Indonesia sudah sangat lama tergabung dengan ITTF yaitu sejak tahun 1691.

Tenis Lapangan

permainan tenis lapangan
Gambar oleh Andre Mcenroe dari Pixabay

Tenis lapangan adalah permainan yang dimainkan di dalam lapangan dengan menggunakan bola dan raket. Bola yang digunakan hampir seperti bola kasti dan raketnya seperti raket bulu tangkis namun lebih besar dan lebih kuat.

Lapangan yang digunakan dalam tenis lapangan juga lebih luas. Ada 4 jenis lapangan yang biasa dipakai untuk bermain permainan tenis lapangan, yaitu lapangan rumput, lapangan tanah, lapangan beton (keras), dan lapangan karpet.

Permainan tenis lapangan bisa dimainkan secara tunggal maupun beregu. Permainan ini biasanya dimainkan dalam 3 atau 5 set, dan pemain atau regu yang mendapatkan nilai dalam 3 set maka akan menjadi pemenangnya. Ketika sekor atau nilai yang didapat seri yaitu 40-40 maka harus berebut untuk mendapatkan 2 poin lagi untuk menjadi pemenangnya.

Baseball

gambar permainan baseball
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Baseball adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu di dalam lapangan. Satu regu menjadi pelempar dan dan pemukul bola dan satu regu lainnya menjadi penjaga. Setiap regu yang menjadi pemukul dan pelempar sebisa mungkin untuk bisa membuat pukulan yang baik agar bisa berlari dan kembali ke base tampa harus terkena lemparan bola dari penjaga. Untuk tim penjaga sebisa mungkin untuk menangkap bola untuk dilemparkan sampai mengenai musuh.

Permainan ini sudah merambah ke tingkat internasional dan mulai dikenal dengan olahraga yang berat karena dimainkan dilapangan yang luas serta harus memakai sarung tangan.

Softball

permainan softball
Gambar oleh Russ McElroy dari Pixabay

Softball adalah permainan bola kecil yang dimainkan di lapangan. Permainan ini berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Hancock pada tahun1887.

Permainan softball dimainkan oleh dua regu dengan masing-masing tim terdiri dari 9 orang. Permainan ini akan memberikan 7 kali kesempatan untuk setiap tim menjadi penyerang dan pemain bertahan. Pergantian regu akan dilakukan apabila tim bertahan dapat mematikan 3 pemain dari tim lawan.

Kricket

permainan bola kecil kricket
Gambar oleh Lisa scott dari Pixabay

Permainan kricket biasanya berada dan dimainkan di negara-negara Eropa. Permainan ini hampir sama dengan permainan kasti dan baseball namun menggunakan bola yang dibungkus dengan kain laon sehingga bentuknya tidak bulat. Selain bola, kricket juga menggunakan pemukul untuk memukul bola tersebut.

Kricket dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing terdiri dari 11 pemain. Untuk memenangkan permainan ini maka tim harus mencetak angka lebih banyak dari lawan.

Billiard

permaina billiard
Gambar oleh Wessel van Buren dari Pixabay

Permainan billiard adalah permainan bola sodok yang mengutamakan konsentrasi. Permainan ini bisa dimainkan dengan perorangan ataupun dengan tim. Permainan billiard dimainkan diatas meja khusus dengan peralatan stick yang digunakan untuk mendorong bola-bola yang disediakan agar masuk kedalam lubang meja.

Sepak Takraw

pemainan bola kecil sepak takraw
gambar oleh takrawcanada.com

Sepak takraw adalah permainan gabungan antara sepak bola dengan bola voli, dan dimainkan dilapangan ganda bulu tangkis. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan kaki dankepala, tangan tidak boleh menyentuh bola.

Bola yang digunakan dalam permainan sepak takraw adalah bola yang terbuat dari anyaman rotan dan membentuk bulat sepeti bola.

 

Diatas adalah penjelasan dari macam-macam permainan bola kecil. Semua permainan diatas telah masuk dalam tingkat internasional dan sering sekali dimainkan dalam kejuaraan internasional.

Demikian artikel dari saya tentang permainan bola kecil, semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *