Perubahan Wujud Benda Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Perubahan Wujud Benda Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda (zat) adalah suatu proses berubahnya suatu bentuk benda (zat) menjadi bentuk benda (zat) yang lain. Perubahan wujud benda juga dapat kita temui dalam kehidupan sehari-sehari misalnya seperti air yang dimasukan kedalam frezzer akan berubah menjadi es batu dan masih banyak lagi.

Perubahan wujud benda dibagi dalam 3 proses, yaitu proses secara fisika, kimia, dan biologi.

Perubahan Wujud Benda Secara Fisika

Perubahan Bentuk Benda dan Sifatnya
gambar oleh perubahanttgbenda.blogspot.com

Perubahan wujud benda secara fisika dapat terjadi pada benda yang berwujud cair, benda berwujud gas dan benda yang berwujud padat.

Benda cair adalah benda yang sifatnya memenuhi atau menempati wadahnya, volumenya tetap, mengalir dari tempat tinggi ketempat yang rendah. Contoh dari benda cair adalah air, bensin, minyak, spirtus dan sebagainya.

Benda padat adalah benda yang memiliki sifat yang bentuknya tidak mengikuti tempatnya, dan volumenya tetap. Contohnya adalah balok, buku, pensil, es batu, sepatu dan sebagainya.

Benda gas adalah benda yang tidak dapat diamati namun dapat dirasakan. Contohnya adalah udara.

Perubahan fisika memiliki beberapa ciri seperti tidak menghasilkan bau, bentuk zat perubahannya dapat kembali seperti zat awal, sifat zat yang baru sama dengan sifat zat yang telah berubah, dan terjadi karena adanya perubahan suhu dan gaya.

Perubahan bentuk/wujud benda secara fisika dibagi dalam 6 bagian, yaitu mencair, membeku, mengembun, menguap, mengkristal, menyublim.

Mencair

Mencair adalah proses perubahan benda dari zat padat menjadi zat cair. Proses ini memerlukan energi panas untuk melakukan proses tersebut. Contohnya adalah es batu yang mencair, lilin yang meleleh, es krim yang meleleh dan lain-lain.

proses es batu yang mencair
Gambar oleh zliaee dari Pixabay
lilin yang meleleh karena dipanaskan
Gambar oleh Xycris Fuerzas dari Pixabay
es krim meleleh karena terkena panas matahari
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Membeku

Membeku adalah proses dimana zat cair berubah menjadi zat padat. Perubahan ini adalah sebuah kegiatan pelepasan energi panas. Contoh benda-benda yang membeku adalah air yang dimasukan kedalam freezer, lilin cair yang dibiarakan.

lilin yang tadinya dipanaskan dan meleleh kemudian di diamkan
gambar oleh Deskgram.com
air yang dimasukan kedalam air kemudian dimasukan ke freezer
gambar oleh cakapcakap.com

Menguap

Menguap adalah proses perubahan dari zat cair menjadi zat gas. Proses ini juga membutuhkan energi panas. Contoh peristiwa menguap adalah saat kita menjemur pakaian yang basah kemudian terkena sinar matahari bisa menjadi kering, saat kita memasak air dan dibiarkan air tersebut akan habis dan menjadi uap, ketika bensin dibiarkan ditempat terbuka akan hilang/habis menjadi uap.

baju basah yang dijemur akan mengering yang dinamakan proses penguapan
Gambar oleh JayMantri dari Pixabay
air yang dimasak sampai habis airnya menjadi uap yang dinamakan menguap
Photo by Clem Onojeghuo from Pexels
bensin yang dibiarkan akan habis yang disebut dengan peristiwa penguapan
gambar oleh dijendela.com

Mengembun

Mengembun adalah proses dimana sebuah zat gas menjadi zat cair. Mengembun adalah proses pelepasan energi panas. Contohnya adalah saat kita membuat es batu kemudian kita letakkan di dalam gelas maka gelas tersebut akan ber air, ketika kita melihat daun di pagi hari yang basah padalah saat sore atau malam hari tidak hujan.

proses penguapan dari es dalam gelas
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay
proses pengembunan yang terjadi pada pagi hari
Gambar oleh Denis Doukhan dari Pixabay

Mengkristal

Mengkristal adalah proses perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Proses ini adalah proses dimana zat melepaskan energi panas. Contohnya adalah salju.

salju adalah salah satu hasil dari proses pengkristalan
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay (2)

Menyublim

Menyublim adalah proses perubahan wujud benda dari padat menjadi gas. Proses ini memerlukan energi panas. Contohnya adalah Kapur barus yang dibiarkan di tempat yang terbuka.

kapur barus yang dibiarkan akan habis berubah menjadi gas
gambar oleh AliExpress.com

Perubahan Wujud Benda Secara Kimiawi

bahan kimia
gambar oleh ijulproject.blogspot.com

Perubahan wujud benda secara kimiawi adalah perubahan wujud suatu zat menjadi wujud lain yang memiliki sifat yang berbeda dari zat awalnya. Proses perubahan wujud benda secara kimiawi dipengaruhi oleh proses kimiawi. Perubahan ini akan mempengaruhi bentuk awalnya dan akan berbentuk tetap.

Perubahan wujud benda secara kimiawi memiliki beberapa ciri seperti, menghasilkan zat baru, zat yang sudah berubah tidak akan bisa kembali ke bentuk zat awal, terjadi reaksi kimia yang ditandai dengan pembentukan gas, endapan, perubahan warna dan energi.

Proses Pembusukan

Proses pembusukan adalah proses perubahan yang desebabkan oleh makhluk hidup seperti bakteri atau jamur. Proses pembusukan ini akan menimbulkan perubahan warna dan bau. Contohnya adalah roti yang dibiarkan berhari-hari akan bau dan mengeluarkan jamur. Proses ini juga memiliki manfaat seperti proses pembuatan kompos.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperlambat pembusukan yaitu dengan cara pengasinan, pengasapan, pengeringan, dan pendinginan.

roti yang didiamkan dan mengalami proses pembusukan
gambar oleh regitapratiwi97.blogspot.com

Pembakaran

Pembakaran adalah proses atau peristiwa perubahan wujud benda karena ada reaksi kimia antara bahan bakar dan suatu oksidan. Contoh dari perubahan wujud benda melalui proses pembakaran adalah pembakaran hutan seperti yang biasa terjadi disekitar kita.

kebakaran hutan termassuk dalam perubahan wujud benda
Gambar oleh Ylvers dari Pixabay

Pengkaratan

Pengkaratan adalah perubahan bentuk benda yang muncul karena reaksi kimia yang menimbukan munculnya warna  kemerahan atau kekuning-kuningan pada lapisan besi. Contoh dari proses pengkarata adalah ketika ada besi yang terkena air dan dibiarkan berhari-hari akan muncul kekuningan.

gembok yang berkarat termasuk kedalam perubahan wujud secara kimiawi
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Perubahan Wujud Benda Secara Biologi

perubahan wujud benda secara biologi
Gambar oleh luvqs dari Pixabay

Perubahan wujud benda secara biologi adalah peristiwa dimana suatu bentuk benda yang berubah menjadi wujud lain karena aktivitas makhluk hidup. Contohnya adalah pelapukan kayu kerana lumut dan rayap

kayu yang ditumbuhi lumut dapat lapuk dan berubah wujud
Gambar oleh Couleur dari Pixabay
rayap yang hidup di kaya akan membuat kayu tersebut lapuk dan itu termasuk dalam perubahan wujud benda
Gambar oleh Enrique Lopez dari Pixabay

Ciri-ciri dari perubahan wujud benda secara biologi adalah tidak menghasilkan zat baru, perubahan yang terjadi bersifat kekal, perubahan terjadi kerena campur tangan makhuk hidup.

Mungkin hanya ini penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang Perubahan Wujud Benda, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan saya sendiri pastinya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment