SENI RUPA: Lengkap dengan Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

SENI RUPA: Lengkap dengan Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Hallo sahabat kilau kembali lagi bersama kilausenja untuk kembali bertukar pikiran. Nah kali ini kita akan membahas tentang seni rupa. Kita akan mulai dari pengertian seni rupa, unsur-unsur seni rupa hingga contoh dari seni rupa.

Pengertian

seni rupa
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Apasih seni rupa? nah pertanyaan ini pasti sering kalian dengar baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan luar. Berikut di bawah adalah pengertian dari seni rupa.

Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni yang dapat menghasilkan suatu karya seni dengan kualitas dan ekspresi yang dapat dirasakan oleh pengindraan manusia. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa seni rupa adalah suatu seni yang lebih menekankan kepada keindahan visual.

Dengan seiring berjalannya waktu dan zaman, kini perkembangan seni rupa menjadi lebih modern.

Unsur-Unsur Seni Rupa

unsur-unsur seni rupa
Gambar oleh Alexander S. dari Pixabay

Unsur seni rupa merupakan suatu elemen yang dapat membangun perwujudan dari karya seri rupa itu sendiri. Walaupun karya seni yang dapat kita buat hanyalah karya seni yang terlihat sederna, pasti didalamnya juga tersimpan unrur-unrus dari suatu karya seni.

Dengan adanya unsur karya seni tersebut maka kita akan bisa mendapatkan suatu kesan tertentu dan juga ketertarikan terhadap karya tersebut.

Berikut adalah unsur-unsur dari karya seni:

Titik

titik merupakan unsur dari seni rupa
Gambar oleh Gordon Johnson dari Pixabay

Titik adalah unsur yang paling dasar dalam karya seni rupa. Titik merupakan objek yang berdimensi 0 karena memiliki sifat yang paling sederhana dalam konsep geometri.

Dalam membuat gambar dengan titik kita bisa membuatnya dengan jarak yang lebar maupun sempit antara titik yang satu dengan titik yang lain. Titik tersebut juga bisa berukuran kecil maupun besar dengan warna yang berbeda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. HAl tersebut biasa disebut dengan teknik Pointilisme.

Garis

salah satu unsur dari karya seni rupa adalah garis
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Garis merupakan bentuk geometri yang digambarkan oleh sebuah titik yang bergerak. Garis memiliki 3 jenis yaitu garis lurus, garis lengkung datar dan garis lengkung luar.

  •  Garis lurus merupakan garis penghubung antara dua titik terpendek yang tidak bertepatan.
  • Garis lengkung datar adalah garis lengkung yang tidak memiliki bagian yang lurus atau menyiku sama sekali dan titik-titiknya terletak dalam bidang datar.
  • Garis lengkung ruang merupakan garis lengkung yang terletak di dalam bangun ruang.

Selain itu garis juga memiliki wujud, seperti nyata dan semu.

  • Garis nyata merupakan garis yang dihasilkan dari coretan maupun goresan yang melengkung.
  • Garis semu merupakan garis yang muncul karena terdapat suatu kesan yang balance dalam suatu bidang, ruang dan warna.

Bentuk

unsur dari karya seni rupa, salah satunya adalah bentuk
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Bentuk adalah suatu titik temu antara masa dan ruang. Selain itu bentuk juga merupakan penjabaran dari geometris bagian bidang yang ditempati oleh objek tersebut yaitu sesuatu yang ditentukan oleh batasan luarnya namun tidak tergantung pada koordinat atau lokasi dan orientasinya terhadap bidang yang ditempati.

Perwujudan nyata dari suatu karya seni terbentuk melalui gabungan dari berbagai bidang. Bentuk bidang dalam karya seni sendiri terbagi menjadi dua yaitu shape dan form. Shape sendiri merupakan bentuk yang tidak memiliki unsur penjiwaan dan hanya untuk dilihat bentuk dan sifatnya saja. Sedangkan form memiliki unsur untuk dilihat dan juga memiliki unsur nilai tersendiri di dalamnya.

Berdasarkan penggolongannya bentuk juga dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Geografis, yaitu bentuk yanng dibuat dengan perhitungan seperti kubistis (balok dan kubus) dan silindris (tabung, kerucut, bola).
  • Nongeometris, yaitu bentuk yang dibuat dari meniru objek alam seperti manusia, tumbuhan, dan hewan.

Bidang

bidang adalah salah satu unsur karya seni
upload.wikimedia.org

Bentuk dalam matematika bisa dikatakan sebagai sebuah bidang yang memiliki permukaan dan memiliki dua dimensi. Bidang sendiri merupakan hasil dari pembentukan ujung-ujung beberapa garis ataupun dari sapuan warna yang menyatu.

Bentuk terdiri dari sisi panjang dan sisi lebar dengan berbagai macam ukuran. Bidang dalam karya seni dapat langsung diamati secara langsung dari karya itu sendiri.

Berdasarkan bentuknya bidang dibagi menjadi bidang geometris, bidang biomorfis, dan bidang tak beraturan. Bidang sendiri juga memiliki isi dan volume.

Ruang

unsur dari karya seni yaitu ruang
maboktravel.com

Ruang merupakan suatu tempat dengan langit-langit yang menutupi tempat tersebut. Ruang adalah unsur karya seni dari kumpulan-kumpulan dimensi yang terdiri dari panjang, lebar dan tinggi.

Ruang memiliki dua sifat yaitu ruang semu (tidak nyata) dan ruang nyata. Ruang semu adalah ruang yang terdapat dalam seni rupa dua dimensi. Sedangkan ruang nyata adalah ruang yang terdapat dalam karya seni tiga dimensi seperti kamar, ruang tamu dan sebagainya

Tekstur

tekstur merupakan unsur dari karya seni
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Tekstur merupakan sifat dari permukaan bidang atau benda yang dapa dilihat serta diraba. Sifat dari tekstur sendiri bermacam-macam, mulai dari halus, kasar, licin dan sebagainya.

Tekstur dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tekstur nyata, merupakan tekstur yang permukaannya terlihat seperti yang sebenarnya dan rasanya juga sama dengan seperti apa yang dilihat.
  • Sedangkan tekstur semu, merupakan tekstur yang menghasilkan kesan berbeda saat dilihat dan diraba.

Tekstur dalam seni rupa berfungsi untuk memberikan karakter dan suatu kesan tertentu terhadap bidang permukaan karya seni rupa agar dapat menghasilkan nilai estetika.

Warna

warna adalah contoh dari unsur karya seni
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Warna merupakan suatu spektrum tertentu yang terdapat dalam sutu cahaya yang sempurna (putih). Dalam seni rupa warna merupakan unsur yang bisa membuat seni rupa memiliki kesan, ekspresif dan terlihat hidup.

Warna dipelajari dalam dua teori yaitu warna terhadap cahaya dan teori pigmen warna.

  1. Warna Primer, yaitu warna asli dan bukan suatu campuran dari warna lain. Warna primer sendiri memiliki 3 warna yaitu, merah, biru, dan kuning.
  2. Warna Sekunder, yaitu warna yang dihasilkan dari dua warna yang dicampurkan dari warna primer.
  3. Warna Tersier, yaitu warna yang dihasilkan dari campuran warna sekunder.
  4. Warna Analogus, yaitu warna yang berada dalam satu deretan yang saling berdampingan dalam satu lingkaran, misalnya adalah deretan warna hijau yang mendekati deretan warna kuning.
  5. Warna Komplementer, yaitu warna yang kontras terletak berseberangan dengan warna lain dalam satu lingkaran, misalnya warna merah yang berseberangan dengan warna hijau, warna kuning berseberangan dengan warna ungu.

Gelap Terang

unsur karya seni yaitu gelap terang
Gambar oleh profivideos dari Pixabay

Gelap Terang adalah intensitas cahaya dengan tujuan supaya seolah-olah objek nyata atau untuk memperdalam kesan seni tersebut. Intensitas cahaya besar maka terang, intensitas cahaya kecil maka gelap.

Teknik gelap terang ada 2 diantaranya chiaroscuro yang merupakan peralihan bertahap atau gradasi dan silhouette yaitu bayangan tanpa peralihan bertahap atau gradasi. Selain itu juga untuk menentukan gelap terang dengan cara memilih warna yang pas.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Seni rupa dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari dimensinya sampai dengan fungsi dari karya seni itu sendiri.

Berdasarkan Dimensinya

  1. Seni Rupa Dua Dimensi atau Dwimatra adalah karya seni rupa yang terbentuk dari dua ukuran, yaitu panjang dan lebar yang hanya bisa dilihat dari arah depan saja.  Contoh dari seni rupa dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, dan sketsa.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi adalah karya seni rupa yang didalamnya memiliki tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi serta memiliki unsur kesan ruang, bentuk, volume dan juga bisa dilihat dari segala arah. Contohnya bonsai, patung, seni keramik, diorama dan yang lainnya.

Berdasarkan Masanya

  1. Seni Rupa Tradisional yaitu Seni rupa zaman dahulu yang memiliki aturan dan pakem tertentu dan bersifat statis, baik dari bentuk maupun gayanya yang tidak mengalami perubahan. Aspek seni rupa tradisional ini telah dipertahankan secara turun-temurun dari generasi ke generasi sampai saat ini.
  2. Seni Rupa Modern yaitu karya seni terbaru dari seni rupa tradisional dimana aturan serta pola-pola yang ada sudah ada diubah dengan mengandalkan kekreatifitasan pembuat seni rupa atau bersifat individualis. Contoh seni rupa modern diantaranya adalah lukisan, grafis, patung dan kriya.
  3. Seni Rupa Kontemporer yaitu karya seni yang muncul karena trend atau kondisi waktu dan bersifat kekinian.

Berdasarkan Fungsinya

  1. Seni Rupa Murni yaitu karya seni rupa yang dibuat untuk mendapatkan nilai estetika dan ide pembuat saja, bukan untuk dipakai.
  2. Seni Rupa Terapan yaitu seni rupa yang lebih bertujuan untuk nilai pakai. Contohnya keramik, poster, dan lain-lain.

Fungsi Seni Rupa

fungsi seni rupa
Gambar oleh Washarapol Jundang dari Pixabay

Fungsi Agama

Dari sisi agama seni rupa memiliki fungsi yaitu untuk menyampaikan suatu pesan dari agama tersebut untuk para umatnya. Salah satu contoh seni rupa dalam agama islam adalah kaligrafi. Kaligrafi sendiri biasa digunakan untuk memperindah masjidd, mushola, bahkan di rumah-rumah juga banyak sekali yang dihiasi dengan kaligrafi. Selain itu, kaligrafi juga digunakan sebai media dakwah dengan tulisan berlafadz Al Quran.

Fungsi Komunikasi

Manusia di dunia selalu berkomunikassi dengan sesamanya, dan alat yang sangat sering digunakan adalah bahasa. Namun disetiap wilayah yang ada di dunia memiliki bahasa yang berbeda-beda. Maka dari itu kita sangat membutuhkan bahasa yang universal agar kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan cara yang lebih mudah tentunya.

Bahasa yang universal sediri sudah termasuk kedalam seni rupa. Mengapa bahasa dapat disebut dengan seni rupa? Karena bahasa adalah sesuatu yang dapat menembus batas-batas universal atau perbedaan setiap manusia.

Fungsi Edukasi

Dalam dunia seni, seni sendiri dapat memberikan informasi kepada masyarakat baik informasi yang tersirat maupun yang tersurat untuk membimbing dan mendidik tingkah laku kita agar kita menjadi seseorang yang lebih baik. Contoh dari seni rupa dengan fungsi yang mendidik adalah pertunjukan wayang. Wayang selain dijadikan sebagai media hiburan juga dijadikan sebagai media pembelajaran melalui amanat-amanat yang terkandung dalam ceritanya.

Fungsi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Pada dasarnya manusia memang memiliki hakikat untuk menyukai hal-hal yang berhubungan dengan keindahan dan manusia juga memiliki kebutuhan seperti benda-benda yang dapat digunakaan. Salah satunya adalah seni rupa terapan.

Seni rupa terapan sendiri juga dapat memberikan kepuasan terhadap fisik dan juga dapat memberikan kenyamanan. Contoh dari karya seni rupa terapan adalah furniture, bangunan, pakaian, kerajinan tangan, dan lin-lain.

Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Selain fungsi-fungsi diatas, seni rupa juga berfungsi sebagai pemenuh dalam kebutuhan emosional bagi manusia. Manusia sendiri juga memunyai berbagai perasaan yang dapat mereka rasakan, seperti sedih, senang, semangat, malas, bosan, dan lain sebagainya. Ketika merasa bosan maka mereka akan mencari cara agar mereka tidak merasa bosan lagi, misalnya mencari hiburan dengan menonton TV atau pergi jalan-jalan. Mereka juga dapat menerapkan seni rupa lainnya untuk membuat perasaan mereka menjadi lebih baik, misalnya dengan membuat karya seni seperti lukisan, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa

Seni rupa murni

Seni lukis
Seni grafis
Seni patung
Seni instalasi
Seni pertunjukan
Seni keramik
Seni film
Seni koreografi
Seni fotografi

Desain

Arsitektur
Desain grafis
Desain komunikasi visual
Desain interior
Desain busana
Desain produk

Kriya

Kursi rotan sebagai hasil karya kriya
Kriya tekstil
Kriya kayu
Kriya keramik
Kriya rotan
Kriya Logam
Kriya Kulit
Kriya Bambu

 

Nah, bagaimana? Sekarang sudah taukan apaitu karya seni?

Seperti penjelasan yang ada diatas semoga kita bisa lebih mengenal dan mencintai seni. Selain untuk dinikmati untuk diri sendiri, karya seni yang kita buat juga akan dapat dinikmati oleh orang lain.

Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat dan menyenangkan Anda. Terima Kasih 😀

Leave a Comment