Permainan bola basket

Yuk Belajar Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Baik dan Benar!

Bola Basket –  Siapa yang tidak tahu permainan bola basket? Pasti kalian semua sudah tahukan tentang permainan bola basket?

Ya, mungkin tidak semua orang dapat bermain basket dengan baik dan benar, namun kalau untuk aktivitas menonton atau sekilas melihatpun kalian pasti pernah.

Bola basket atau juga bisa disebut dengan basketball merupakan suatu cabang olahraga yang dilakukan oleh segerombolan orang dengan dibagi dalam dua tim yang setiap tim atau kelompoknya berisi 5 orang yang juga menyiapkan 5 orang lainnya sebagai cadangan.

Permainan bola basket tidak hanya untuk perlombaan saja, namun kini olahraga bola basket juga digunakan materi pelajaran di sekolah-sekolah dalam mata pelajaran olahraga.

Dalam pengembangan materi olahraga bola basket biasanya sudah dimulai dari jenjang Sekolah Menengah Pertama dan juga Sekolah Menengah Atas. Selain di sekolah, orang-orang pecinta bola basket juga banyak yang membuka jasa pembelajaran maupun komunitas bola basket.

Saat kita ingin bermain permainan bola basket yang baik dan benar maka kita harus mengerti dan memahami berbagai teknik-teknik dan aturan-aturan dalam permaninan bola basket. Untuk mengetahui apa saja sih teknik dan peraturan dalam permainan bola basket? Maka kalian bisa baca di bawah ini!!!

Permainan bola basket
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Teknik Permainan Bola Basket

Passing

Dalam permainan Bola basket ini terdapat beberapa teknik passing yang harus kita ketahui dan kita kuasai.

1. Chest Pass

Teknik dasar permainan bola basket
Gambar oleh Angel Salazar dari Pixabay

Chest Pass adalah suatu teknik passing bola basket yang dilakukan dengan cara melempar bola setinggi atau setara dengan dada kepada teman yang lainnya. Teknik ini dilakukan tepat di depan dada kemudian lemparannya bergerak lurus tidak melambung ataupun terpental.

2. Bounce Pass

Bounce pass
gambar oleh online basketball drills.com

Bounce Pass adalah teknik pasing dalam bola basket yang digunakan untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Cara melakukan Bounce Pass sendiri berbeda dengan cara melakukan chest pass. Bounce pass dilakukan dengan cara dipantulkan ke lantai atau kematras dengan tujuan kepada teman satu tim.

3. Overhead

Overhead
gambar oleh i.ytimg.com

Overhead adalah teknik dasar permainan bola basket yang bertujuan untuk mengoper bola kepada teman agar bisa melanjutkan permainan yang kemudian mencetak poin. Teknik ini dilakukan dengan cara kedua tangan memegang bola dan berada di atas kepala atau lebih tinggi dari teknik passing yang lainnya begitu pula dengan penerimanya. Si penerima harus bisa menerima atau menangkap bola dengan posisi tangan juga diatas. Jadi lawan tidak bisa mengambil bola yang dioperkan ke kita.

4. Behind the Back Pass

teknik dasar permainan bola basket
Gambar oleh tookapic dari Pixabay

Behind the Back Pass merupakan teknik permainan basket dengan cara mengoper bola dengan tangan dari arah belakang atau berada dibelakang punggung kemudian dilemparkan kepada teman tim, sehingga tim lawan tidak bisa mengambil bola kita.

Dribbling

Teknik dribble
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Dribbing ialah suatu teknik dasar bola basket yang biasa disebut dengan menggiring bola. Prinsip dari teknik dasar menggiring bola ini yaitu untuk mengontrol jari-jari, mengontrol ketegapan kepala dan pertahanan tubuh yang rendah, serta untuk melindungi dan melatih kedua tangan utuk tetap bisa bersama-sama menggiring bola tersebut dengan baik dan benar.

Tips dribbling yang baik dan benar dalam permainan bola basket:

  1. Biasakan untuk terus berlatih mendribbling atau menggiring bola ke kanan maupun ke kiri sampai kamu benar-benar menguasainya.
  2. Tegapkan kepala dan jangan biasakan untuk menunduk saat menggiring bola karena itu dapat mengalihkan pandangan dan konsentrasi, sedangkan yang harus dilakukan adalah kita harus fokus dengan pandangan kita pada bola yang sedang kita mainkan.
  3. Setelah benar-benar menguasai teknik dribbling maka yang harus dilakukan adalah terus belajar dan juga mulai belajar untuk melakukan pertahanan agar bola tidak mudah direbut oleh pemain lawan. Cara melakukan pertahanannya yaitu dengan mensejajarkan lengan kiri dengan dada dengan posisi menjulur kedepan sambil berjalan kearah lawan.

Shooting

Teknik Shooting
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Shooting merupakan teknik dasar permainan bola basket yang juga biasa disebut dengan menembak bola ke arah ring tim lawan untuk mendapatkan poin.

Tips melakukan Shooting dengan benar:

  1. Peganglah bola basket dengan dua tangan supaya bola dapat terarah ke ring dengan baik dan tepat.
  2. Dalam posisi memegang bola, buatlah sudut sebesar 90 derajat antara tangan kanan dengan tangan kiri ataupu sebaliknya.
  3. Kemudian angkatlah bola sampai keatas kepala dan dorong bola kearah ring dengan posisi kedua kaki menghadap ring basket serta tekuk kaki dan berikan gaya pegas. Tekuk lengan dan lontarkan ke ring.
  4. Untuk mendapatkan tembakan yang baik dengan satu tangan dan satunya untuk mengarahkan.
  5. Lempar bola dengan tenaga dari kedua kaki bukan dari tangan dan badan harus mengikuti gerakan menembak.

Pivot

Pivot ialah gerakan memutar tubuh dengan menggunakan salah satu kaki  yang menjadi porosnya. Pivot sendiri dilakukan bisa sebelum melakukan dribbing, passing, ataupun shooting.

Rebound

Rebound adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengambil atau menerima bola yang datang dan memantul dari papan atau ring yang diakibatkan dari tembakan yang gagal.

 

Seperti bidang olahraga yang lainnya, setiap bidang kita harus mempunyai kemampuan tersendiri agar kita bisa bermain dengan baik dan benar serta bisa dapat menikmati permainannya.

Penjelasan tentang teknik bermain bola basket diatas semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dari saya terima kasih 😀

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *