Susunan Teks MC Pernikahan Lengkap dengan Contohnya

Susunan Teks MC Pernikahan Lengkap dengan Contohnya

Hallo sahabat kilau, Kilausenja.com kembali lagi, pastinya dengan pembahasan baru yang pastinya juga sangat dibutuhkan oleh beberapa orang.

Oke, kali ini kita akan membahas kembali tentang teks MC. Berbeda dari yang sebelumnya yaitu teks MC ulang tahun, sekarang kita akan membahas tentang Teks MC Pernikahan.

Teks MC Pernikahan ini tidak hanya untuk sang pembaca teks saja, namun bisa juga untuk si pemilik hajat untuk menyusun acara yang mereka inginkan.

MC atau Master of Ceremony dalam sebuah acara pernikahan sangat memiliki peran penting. MC akan mengatur pelaksanaan pesta sesuai dengan teks atau skenario yang telah disusun sehingga bisa menjadi momen yang berkesan.

Kali ini saya akan berbagi sedikit contoh naskah untuk MC pernikahan, khususnya untuk Anda yang akan menjadi pembawa acara di sebuah pesta.

Oke, langsung saja kebawah!!!

Salam Pembuka

susunan mc pernikahan

Yang pertama adalah salam pembuka, berikut adalah contohnya:

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbil’alamin washalatu was salamu alaa asyrafil anbiyai war musalin, wa’alaa aalihi  wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu ………… serta para tamu undangan yang kami hormati.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Dan semoga Sholawat serta salam selalu tercurahkan kapada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan juga para sahabat. Dari beliaulah kita diberikan petunjuk dalam menuju jalan kebenaran dan telah memberikan cahaya yang terang benderang yakni agama islam.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Hari ini kita telah hadir pada undangan Bapak…………..dan Ibu………….untuk ikut andil dalam acara walimatul ‘ursy serta resepsi dari putri beliau tercinta. Selain itu Bapak ………….dan ibu………….juga meminta doa restu untuk kedua mempelai yang akan menjalani hidup baru sebagai suami dan istri.

Semoga untuk akad nikah yang telah dilaksanakan mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT

Semoga kiranya akad nikah yang telah dilaksanakan kemarin mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT, sehingga sepasang suami istri ini kelak dapat membina dan menciptakan sebuah rumah tangga yang harmonis, penuh cinta, dan kasih sayang yang sakinah, mawaddah, serta wa rahmah.

Selaku pembawa acara, perlu saya sampaikan susunan acara pada resepsi pernikahan atau walimatul ursy kali ini yaitu :

  1. Pembukaan

  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an

  3. Penyerahan dari keluarga wanita

  4. Penerimaan dari keluarga pria

  5. Nasehat pernikahan

  6. Penutup dan Doa

Pembukaan

susunan mc pernikahan

Setelah salam pembuka, kita bisa memulai untuk membuka acara yang kita pandu.

Berikut adalah contoh pembukaan dalam pesta pernikahan.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah,

Menginjak pada acara yang pertama yakni pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Surat Al – Fatihah, agar kita semua bisa mendapatkan petunjuk dan barokah dari Ummul Qur’an tersebut.

Ila hadroti nabbiyil mustofa sayyidina muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam. Al Fatihah …………………………….. ( Pembacaan surat Al Fatihah bersama-sama).

Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, amiiiiin.

Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

susunan mc pernikahan

Setelah pembukaan, acara yang biasanya dilakukan adalah pembacaan ayat suci Al-Quran.

Acara yang kedua adalah pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh saudara…………., kepadanya saya persilakan.

( qari’ selesei membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan tugasnya untuk memandu acara)

Kepada saudara…………….. kami sampaikan banyak terima kasih, semoga dengan dibacanya ayat-ayat suci Al-Quran tadi, dapat memberikan berkah dan syafaat bagi kehidupan kita semua khususnya untuk kedua mempelai.

Penyerahan dari Keluarga Mempelai Wanita

susunan mc pernikahan

Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan penyerahan mempelai perempuan kepada mempelai laki-laki.

Memasuki acara ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluaga mempelai wanita kepada mempelai keluarga pria yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak…………….., kepadanya dipersilahkan.

( Setelah sambutan penyerahan selesei disampaikan, MC kembali melanjutkan acara).

Demikianlah sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak………….. Kepada beliau kami sampaikan terima kasih.

Semoga mempelai pria beserta keluarga dapat memahami dan menerima mempelai wanita dengan sepenuh hati atas segala kelebihan dan kekurangannya.

Penerimaan dari Keluarga Mempelai Pria

susunan mc pernikahan

Setalah dilakukan penyampaian atau penyerahan mempelai wanita kepada mempelai pria, maka selanjutnya adalah prosesi penerimaan.

Acara yang selanjutnya adalah sambutan untuk penerimaan dari pihak mempelai pria, sambutan akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak…………… , kepadanya dipersilahkan.

(Setelah sambutan penerimaan selesei disampaikan, MC kembali melanjutkan acara).

Kepada Bapak____________, kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya.

Demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah bersama kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amiiin yaa robbal alamiiin.

Nasehat Pernikahan (Siraman Rohani)

mc pernikahan

Sekarang marilah kita melangkah kepada acara kelima, yaitu siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak…………. Kepada beliau dipersilahkan.

(Setelah siraman rohani atau mauidhatul hasanah selesei disampaikan, MC kembali memimpin acara lagi).

Kepada yang terhormat Bapak………….., kami ucapkan banyak terima kasih atas siraman rohani yang telah disampaikan.

Penutup dan Doa

susunan mc pernikahan

Acara yang terakhir adalah penutup dan biasanya juga disertai dengan doa.

Bapak, Ibu, saudara, hadirin dan hadirat serta seluruh undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, dan kini tibalah kita pada penghujung acara yakni penutup dan pembacaan doa yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak…………..

Kepada yang terhormat Bapak………………, kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a. Kepada beliau dipersilakan.

(Setelah pembacaan doa selesei, MC menutup acara)

Terima kasih kepada Bapak…………………., semoga doa yang telah dipanjatkan diijabahi oleh Allah SWT. Amiin Ya Robbal Alamiin.

Hadirin yang berbahagia,,

Sebelum acara resepsi atau walimatul ursy ini kami tutup, saya selaku pembawa acara resepsi pernikahan ini, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pada kesempatan kali ini banyak tutur kata maupun tingkah laku kurang berkenan di hati hadirin semua.

Dan perlu hadirin perhatikan,

Setelas acara ini, hadirin dan hadirat serta semua tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.

Akhirnya marilah kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah …….

Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin Billahi Taufik Wa hidayah

Wasalamualaikum warahmatulallahi wabarakatuh.

Contoh Video MC Pernikahan

Berikut adalah contoh MC pernikahan yang bisa kalian contoh

 

Video: haris nuzul nur rochman

Leave a Comment